fbpx
Jalan-Jalan

Air Terjun Ikonik Ini Konon Tempat Bermain Air-nya Permaisuri Cantik

Foto: travel.detik.com
94views

Keberadaan tebing granit berwarna coklat kemerahan yang dikelilingi tumbuhan hijau seakan memagari pulau seluas kurang lebih 8.000 hektare ini. Perpaduan warna itulah yang membuat pulau di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias ini terlihat eksotis dan misterius.

Letak air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga aliran airnya langsung jatuh ke laut. Air terjun seperti ini hanya ada beberapa di dunia. Di Indonesia, hanya ada dua. Air terjun Mursala dan Air Terjun Kahatola yang berada di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Air Terjun Mursala (Foto: Instagram @padmatourorganizer)

Air terjun Mursala berasal dari luberan danau kecil yang terbentuk dari cekungan batuan yang menampung air hujan dan air tanah dari hutan di sekitar Pulau Mursala. Saat air di dalam cekungan itu penuh, air meluber ke tempat yang rendah dan mengaliri batu granit merah kehitaman yang berada di tebing pulau dengan suara gemuruh yang langsung jatuh ke laut.

Pulau Mursala atau turis asing menyebutnya Mansalaar Island pernah menjadi lokasi syuting film ‘King Kong’ yang rilis pada 2005. Meski digambarkan sebagai pulau tersembunyi yang seram, lokasi dalam film yang dimainkan oleh Naomi Watts ini tetap terlihat eksotis.

Lokasi syuting film ‘King Kong’ yang rilis pada 2005 (Foto: Istimewa)

Dalam film itu, Pulau Mursala disebut sebagai ‘Skull Island’ atau Pulau Tengkorak. Pulau yang berada dalam wilayah Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara ini juga menjadi judul film Tanah Air, yaitu “Mursala”.

Ada cerita yang berkembang di masyarakat sekitar Air Terjun Mursala.  Konon, air terjun ini adalah tempat bermain seorang putri cantik bernama Putri Runduk. Menurut cerita, Putri Runduk adalah permaisuri Raja Jayadana yang memerintah Kota Kerajaan Barus Raya, sebuah kerajaan Islam di wilayah Sumatera Utara pada abad ke-7 M. Dia memiliki paras yang cantik, sehingga termasyur sampai ke luar kerajaan.

Pulau Mursala (Foto: Instagram@explore.mursala

Dikarenakan negerinya porak poranda akibat di serang oleh Raja Sanjaya dari Mataram, yang kemudian direbut oleh Raja Janggi dari Sudan, Putri ini akhirnya melarikan diri ke Pulau Mursala. Dikisahkan pula, sang Putri menceburkan diri ke laut saat dikejar oleh Raja Janggi, lalu hilang.

Pulau Mursala berjarak sekitar 22,5 km dari kota Sibolga. Pulau ini hanya dihuni oleh beberapa nelayan, sehingga tidak ada kapal reguler yang melayani ke pulau ini. Kalau ingin ke sana, kamu harus sewa perahu. Kamu bisa menyawa perahu mesin dari Pantai Kahona di kota Pandan, Ibukota Tapanuli Tengah.

Baca :   Mengintip Keajaiban Bukit Menoreh, Ada Pasar Digital dan Glamping Kekinian ala Milenial
Foto: lihat.co.id

Dengan kapal cepat, tempat ini bisa ditempuh sekitar satu jam. Sedangkan dengan perahu mesin biasa, sekitar 2 jam. Selain dari kota Pandan, Pulau Mursala juga dapat dicapai melalui Sibolga. Untuk menuju Sibolga, kamu bisa naik pesawat dari Medan ke Sibolga sekitar 45 menit.

Perahu yang mengangkut wisatawan biasanya bisa mendekati air terjun hingga jarak sekitar 5 meter dari tebing. Apabila gelombang tidak besar, perahu bisa berhenti dan menurunkan jangkar. Dengan mengenakan pelampung, kamu bisa terjun ke laut untuk mendekati air terjun. Airnya dingin, segar, dan tidak begitu terasa asin.

Foto: Instagram @exploredolan.id

“Pulau ini dulunya (mungkin sampai sekarang) masih dianggap keramat oleh orang Sibolga. Jadi, harus sopan dan tidak macam-macam saat berkunjung ke sini. Cukup 2 jam saja, kok, naik kapal dari kota untuk melihat panorama air terjun Mursala. Jauh-jauh naik kapal hanya untuk lihat air terjun ini doang? Oh, tentu saja tidak, masih banyak pulau-pulau kecil di sekitarnya yang berpasir putih dengan air biru kristal jernih. Semacam Kalimantung, Sibadalu, Putri, dll, yang bisa kita nikmati,” tulis @exploredolan.id.

Snorkeling juga bisa jadi pilihan tepat. Sebab, bawah laut Pulau Mursala ditinggali berbagai spesies ikan warna-warni yang menggemaskan. Selain menikmati indahnya air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan bawah laut dan terumbu karang di sekitar Pulau Mursala. Tak jauh dari Pulau Mursala, ada Pulau Putri dan Pulau Janggi yang bisa disinggahi. Di sana, kamu bisa bermain di pantai berpasir putih dengan pemandangan yang masih alami.