Berita

Inilah Nenek Terkuat di Dunia: Naik-Turun Bukit Sambil Pikul Kayu Bakar

Nenek terkuat di dunia: pikul kayu naik-turun bukit
Xie Laoyan (Foto: english.cctv.com)
207views

Berita terkini Jelujur.com – Pada usia senja atau bahkan menjelang senja, daya tahan tubuh seseorang akan melemah. Pada umumnya seperti itu. Daya tahan tubuh melemah karena banyak faktor. Salah satunya adalah semakin bertambah tuanya usia sel seiring pertambahan usia.

Faktor lainnya adalah semakin menurunnya kerja berbagai organ penting tubuh. Salah satunya adalah, ginjal. Kalau kinerja ginjal sudah menurun, maka sangat mungkin tubuh terserang banyak penyakit.

Sejarah mencatat bahwa hanya sedikit orang yang punya daya tahan tubuh tetap kuat hingga usia yang sangat tua. Orang-orang itu tetap kuat dan energik walaupun berusia lebih dari 90 tahun atau bahkan 100 tahun. Xie Laoyan adalah salah satunya.

Nenek terkuat di dunia: pikul kayu naik-turun bukit
(Foto: english.cctv.com)

Xie adalah seorang nenek dari negeri Tirai Bambu. Pada usia yang hampir mencapai 100 tahun, seperti dikutip dari laman english.cctv.com, semangat dan kekuatannya masih prima. Masih seperti ketika ia masih muda.

Di desanya, Longshan, Guangxi, ia tercatat sebagai warga paling tua. Paling dibanggakan dan dihargai. Paling sehat dan bugar. Ia menjadi idola para warga, khususnya anak-anak muda.

Nenek terkuat di dunia: pikul kayu naik-turun bukit
(Foto: english.cctv.com)

Setiap hari, ia bekerja di ladang. Tidak jarang ia pergi ke ladang tanpa alas kaki. Pakaian yang dikenakannya pun seadanya. Sesekali ia keluar-masuk hutan dan naik-turun bukit untuk mencari kayu bakar. Bayangkan, berat kayu bakar yang ia pikul itu 30 kg. Untuk orang setua itu, memikul kayu bakar seberat 30 kg adalah hal yang hebat.

Pulang dari ladang, ia melakukan pekerjaan rumah seperti biasa. Ia mencuci pakaian, menyapu halaman, dan memasak. Semuanya ia jalankan dengan bahagia. Tanpa keluhan. Yang orang lihat di wajahnya adalah senyuman dan gurat kebahagiaan.

Mengapa Xie masih tetap energik dan kuat pada usia yang sudah sangat lanjut itu? Masih tetap sehat dan bugar ketika orang seusianya atau bahkan lebih muda daripadanya sudah meninggal dunia, sakit-sakitan, dan lemah?  Itulah yang selalu orang tanyakan kepadanya.

Nenek terkuat di dunia: pikul kayu naik-turun bukit
(Foto: english.cctv.com)

Ia mengatakan bahwa ia tidak punya resep yang “wah” untuk panjang umur dan tetap sehat pada usia yang sudah sangat renta itu. Yang ia lakukan adalah hidup sederhana, selalu merasa bahagia, dan rajin berbuat baik kepada siapa saja. Ia juga berusaha untuk selalu dekat dengan alam.

Itulah yang dilakukan Xie sepanjang hidupnya. Dan hal itu pulalah yang membuatnya tetap kuat dan energik pada usia senjanya. Semoga Xie bisa menjadi sumber inspirasimu.