fbpx
Berita

Inilah Mobil-Mobil yang Dibuat di Indonesia dan Laris di Luar Negeri

Mobil buatan Indonesia yang laris di luar negeri
Mobil yang akan diekspor Indonesia (Foto: Carmudi)
116views
Waktu baca : 2 menit

Dalam beberapa tahun belakangan ini, ekspor mobil Indonesia mengalami peningkatan. Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa ekspor mobil CBU (completely build up) pada tahun sebelumnya tumbuh 18,92% menjadi 213 ribu unit daripada tahun sebelumnya. Angka itu adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan jumlah ekspor pada tahun-tahun sebelumnya.

Mobil buatan Indonesia yang laris di luar negeri
Toyota Fortuner (Foto: detikcom)

Angka ekspor yang tinggi itu menunjukkan bahwa mobil yang diproduksi di Indonesia sangat diminati warga negara asing. Negara-negara yang dalam beberapa tahun ini menjadi tujuan ekspor adalah negara-negara tetangga, Timur Tengah, hingga Amerika Latin. Mobil seperti apa yang sangat disukai negara-negara lain?

Mobil buatan Indonesia yang laris di luar negeri
Toyota Rush (Foto: Istimewa)

Data dari Gaikindo menunjukkan bahwa sepanjang Juli tahun ini, Toyota Fortuner adalah mobil yang sangat disukai orang asing. Sport utility vehicle itu sangat disukai warga Bahrain, Ekuador, Irak, Kuwait, Oman, Arab Saudi, Maroko, Myanman, dan masih banyak lagi. Mobil buatan Toyota Motor Manufacturing Indonesia ((TMMIN) itu diekspor sebanyak 7.304 unit.

Setelah Fortuner, merek Toyota lainnya yang juga laris di luar negeri adalah Avanza. Selama bulan Juli lalu, mobil yang diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor itu diekspor sebanyak 3.336 unit.

Mobil buatan Indonesia yang laris di luar negeri
Toyota Avanza (Foto: Istimewa)

Toyota Rush juga masuk dalam kategori mobil yang paling diminati warga luar negeri. Sama seperti Avanza, Rush juga diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor. Selama bulan Juli, mobil itu diekspor sebanyak 3.227 unit.

Berikut daftar 10 mobil buatan Indonesia yang laris di luar negeri:
1. Fortuner: 7.304 unit
2. Avanza: 3.366 unit
3. Rush: 3.227 unit
4. Wigo (Agya): 2.931 unit
5. Mitsubishi Xpander: 2.277 unit
6. Vios: 1.834 unit
7. Town Ace (Gran Max): 1.023 unit
8. Sienta: 922 unit
9. APV Pick-up: 538 unit
10. Innova: 368 unit