fbpx
Berita

Inilah “Markas Avengers” Indonesia yang Dibangun di Papua

Markas Avengers di Papua
Monumen Kapsul Waktu (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
133views
Waktu baca : 3 menit

Semuanya berawal dari pidato Presiden Joko Widodo dalam acara World Economic Forum di Vietnam beberapa hari yang lalu. Dalam pidato itu, Jokowi menyebut dirinya adalah pemimpin para Avengers yang akan mengalahkan Thanos. Sebuah pidato yang disambut positif para peserta forum.

Setelah pidato itu, beredar berita bahwa di Indonesia sedang dibangun sebuah “markas Avengers”. Beberapa foto yang beredar memperlihatkan bahwa saat ini sedang dibangun sesuatu yang konstruksinya mirip dengan logo Avengers. Sekilas, desainnya menyerupai huruf A dengan kaki panjang yang dikelilingi lingkaran.

Markas Avengers di Papua
Presiden Joko Widodo berpidato dalam World Economic Forum (Foto: Istimewa)

Bangunan dengan konstruksi yang mirip dengan logo Avengers itu adalah Monumen Kapsul Waktu. Monumen itu dibangun di Kabupaten Merauke, Papua. Terletak di depan Kantor Bupati Merauke; tidak jauh dari Bandara Mopah. Luasnya mencapai 2,5 ha, terdiri dari 1 ha area monumen dan 1,5 ha digunakan sebagai alun-alun.

Di dalam monumen ini ada sebuah kapsul. Kapsul itu berisi tulisan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia akan Indonesia 70 tahun mendatang. Kapsul Waktu tersebut dibawa secara estafet mulai dari Aceh hingga ke seluruh provinsi dan berakhir di Kabupaten Merauke, Papua.

“Ide pembangunan monumen untuk menyimpan Kapsul Waktu berasal dari Presiden Jokowi pada HUT ke-70 Kemerdekaan Indonesia tahun 2015 dan akan dibuka kembali pada 70 tahun mendatang. Kebetulan saya hadir saat dimulai di Sabang dan ikut menerima di Kalimantan Timur dan Merauke. Kami ditugasi membangun monumen untuk menyimpan Kapsul Waktu yang akan dibuka pada tahun 2085,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, beberapa waktu lalu seperti dikutip dari keterangan resmi, Selasa (18/9) lalu.

Markas Avengers di Papua
Monumen Kapsul Waktu dibangun sejak 2016 (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Monumen ini didesain oleh Yori Antar, salah satu arsitek kenamaan Indonesia. Arsitek ini juga terlibat dalam desain arsitektur infrastruktur PUPR lainnya.

Angka 17, 8, dan 45 adalah angka-angka kunci ukuran monument ini. Lebar 17 m, tinggi 8 m, dan panjang 45 m. Monumen ini memiliki 5 akses masuk. Kelima akses masuk itu adalah simbol 5 suku asli Merauke, yakni Malind, Muyu, Mandobo, Mappi, dan Auyu yang menjaga tugu Kapsul Waktu itu. Kapsul ini akan ditempatkan di atas tugu yang terinspirasi dari menara perang Suku Dani.

Monumen ini dibangun sejak 2016 lalu. Proses pembangunannya dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama adalah pembangunan pondasi. Tahap kedua adalah pembangunan konstruksi secara keseluruhan yang sudah dimulai sejak Juli 2017 lalu.

Markas Avengers di Papua
Desain Monumen Kapsul Waktu (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Saat ini, proses pembangunan Kapsul Waktu ini sudah mencapai 80%. Sesuai dengan rencana, monumen ini akan rampung pada Oktober mendatang.

Progress sejauh ini sudah lebih dari 80%. Terakhir saya ke sana bulan Agustus sudah 80%,” kata Danis H. Sumadilaga, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, seperti dilansir detikFinance.