fbpx
Teknologi

Inilah Cara Paling Mudah untuk Melindungi Akun WhatsApp-mu

cara melindungi akun WhatsApp
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
86views
Waktu baca : 2 menit

Aplikasi WhatsApp sangat mudah diretas. Potensi peretasan itu ada pada fitur voice mail. Lalu bagaimana mengatasi masalah ini?

Alfons Tanujaya, peneliti keamanan internet dan cyber dari Vaksincom, mengatakan bahwa sejauh ini memang belum ada kasus peretasan dan pencurian kata sandi Whats App di Indonesia dengan memanfaatkan voice mail. Namun, itu tidak lantas berarti bahwa aplikasi itu aman. Potensi pencurian password atau PIN tetap patut diwaspadai.

“Sebenarnya ini memang harus niat banget untuk mendapatkan password WhatsApp. Pada prinsipnya begini: saat ini, pengamanan dengan kredensial konvensional berupa username dan password dapat dikatakan tidak aman,” katanya seperti dilansir detikNET.

cara melindungi akun WhatsApp
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Sebenarnya tidak hanya WhatsApp yang berpotensi diretas, tetapi juga beberapa layanan internet lain. Sebut saja Gmail, dompet digital seperti Go-Pay, dan lain-lain. Username dan password saja tidak aman. Akun akan mudah dieksploitasi.

“Jadi, sebenarnya sudah menjadi standar kalau harus ada pengamanan tambahan berupa Two Factor Authentication (TFA), One Time Password (OTP),” katanya.

Dengan mengaktifkan TFA, akun WhatsApp akan tetap aman. Sekalipun informasi kredensial berhasil diretas, akun akan tetap aman karena diproteksi dengan TFA.

cara melindungi akun WhatsApp
Ilustrasi (Foto: Telset.id)

“Kalau mengaktifkan TFA, maka untuk instal WhatsApp ke ponsel baru akan meminta PIN yang hanya diketahui pemilik ponsel. Jadi, teknik mencuri PIN hanya berlaku kalau TFA tidak diaktifkan,” jelasnya.

Selain mengaktifkan TFA, cara lain yang bisa dilakukan adalah menonaktifkan voice mail meskipun seharusnya fitur itu tidak aktif secara default. Untuk menonaktifkan fitur ini, pelanggan Indosat Mentari, Matrix, dan IM3 bisa menghubungi customer service melalui telepon dengan nomor 300. Sementara itu, pelanggan XL bisa melakukannya lewat #818# dan pelanggan Telkomsel simPATI dan HALO lewat #222#.

“Dengan menonaktifkan voice mail, artinya tidak ada voice mail yang bisa masuk,” katanya.