fbpx
Olahraga

Inilah Atlet Indonesia dengan Bonus Paling Besar

Atlet Indonesia dengan Bonus Asian Games 2018 paling besar
Presiden Jokowi memberikan bonus kepada para atlet (Foto: Instagram/@nahrawi_imam)
71views
Waktu baca : 3 menit

Pemerintah menepati janjinya untuk menyerahkan bonus sebelum “keringat para atlet kering”. Minggu (2/9) lalu, sebelum acara penutupan Asian Games 2018, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menyerahkan bonus kepada para atlet dan pelatih yang meraih medali. Penyerahan bonus itu dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Nilai bonus yang diberikan tidak tanggung-tanggung besarnya. Mencapai miliaran rupiah. Dan tanpa dipotong pajak sepeser pun.

Yang meraih medali emas dari nomor perorangan (tunggal) mendapatkan bonus sebesar Rp1,5 miliar. Untuk ganda dari nomor perorangan ini, masing-masing mendapatkan bonus sebesar Rp1 miliar. Sementara untuk nomor beregu, masing-masing mendapatkan bonus sebesar Rp750 juta.

Peraih medali emas pun mendapatkan hadiah lainnya. Hadiah itu adalah rumah tipe 36 dengan kisaran harga Rp70—100 juta. Rumah itu akan akan dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Bonus untuk pendulang medali perak pun dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu tunggal, ganda, dan beregu. Yang tunggal akan mendapatkan bonus sebesar Rp500 juta. Yang ganda mendapatkan, masing-masing, sebesar Rp400 juta. Dan yang beregu mendapatkan Rp300 juta per orang.

Pola yang sama pun berlaku untuk peraih medali perunggu. Yang tunggal mendapatkan bonus sebesar Rp250 juta. Yang ganda mendapatkan, masing-masing, uang sebesar Rp200 juta. Sementara yang beregu mendapatkan bonus senilai Rp150 juta per orang.

Lalu bagaimana dengan para atlet yang tidak meraih medali? Pemerintah tetap memberikan apresiasi atas perjuangan mereka. Masing-masing mereka mendapatkan bonus sebesar Rp20 juta.

Dengan pola pemberian bonus seperti di atas, tidaklah mengherankan bahwa ada beberapa atlet yang mendapatkan bonus dalam jumlah yang fantastis. Berikut beberapa di antaranya:

Jafro Megawanto

Atlet Indonesia dengan Bonus Asian Games 2018 paling bear
(Foto: Istimewa)

Inilah atlet dengan bonus paling besar. Total bonusnya mencapai Rp2,4 miliar. Pasalnya, atlet paralayang ini meraih 2 medali emas (dari nomor individu dan beregu) dan 1 medali perunggu.

Aries Susanti Rahayu

Atlet Indonesia dengan Bonus Asian Games 2018 paling bear
(Foto: detikcom)

Atlet panjat tebing ini dua kali membuat lagu Indonesia Raya berkumandang. Satu dari nomor individu dan satu lagi dari nomor beregu. Total bonusnya adalah Rp2,250 miliar.

Jonatan Christie

Atlet Indonesia dengan Bonus Asian Games 2018 paling bear
(Foto: Istimewa)

Jojo, demikian pebulutangkis berusia 20 tahun ini akrab disapa, meraih 2 medali. Yang pertama adalah medali perak dari nomor beregu putra. Yang kedua adalah medali emas dari nomor perorangan. Dengan demikian, total bonusnya adalah Rp1,8 miliar.

Aqsa Sutan Aswar

Atlet Indonesia dengan Bonus Asian Games 2018 paling besar
(Foto: Reuters)

Indonesia pun mendapatkan medali dari cabang jetski. Aqsa Sutan Aswar meraih 2 medali dari cabang ini: medali emas dan medali perunggu. Total perolehan bonusnya adalah Rp1,750 miliar.

16 Atlet Nomor Individu

Atlet Indonesia dengan Bonus Asian Games 2018 paling besar
Lindswell Kwok (Foto: Pikiran Rakyat)

Tercatat ada 16 orang atlet dari nomor individu yang meraih medali emas. Sebut saja Lindswell Kwok, Eko Yuli Irawan, Hanifan Yudani Kusumah, Wewey Wita, hingga Defia Rosmaniar. Masing-masing mereka mendapatkan bonus sebesar Rp1,5 miliar.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Atlet Indonesia dengan Bonus Asian Games 2018 paling besar
Kevin/Marcus (Foto: detikcom)

Di bawah keenam belas atlet di atas, ada nama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Mereka mendapatkan bonus sebesar Rp1,3 miliar per orang. Rinciannya adalah Rp1 miliar berkat 1 buah medali emas yang mereka raih dari nomor perorangan dan Rp300 juta berkat 1 buah medali perak dari nomor beregu.

Atlet Indonesia dengan Bonus Asian Games 2018 paling besar
Atlet sepak takraw (Foto: detikcom)

Selain ganda putra nomor 1 dunia itu, yang juga mendapatkan bonus sebesar Rp1,3 miliar adalah tiga orang atlet sepak takraw. Mereka adalah Nofrizal, M. Hardiansyah Mulian, dan Abdul Halim Rajdu. Mereka meraih 1 emas dalam nomor quadrant, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu.