Makanan

Inilah 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Memasak Ayam

Kesalahan saat memasak daging ayam
(Foto: Istimewa)
24views

Harus diakui bahwa masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana seharusnya mengolah daging ayam menjadi makanan yang lezat dan menyehatkan. Masih banyak orang yang tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan justru membuat daging ayam bukannya menyehatkan, malah menjadi ancaman yang besar bagi kesehatan. Apa saja kesalahan itu?

Dikutip dari Reader Diggest, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan orang ketika mengolah daging ayam. Berikut beberapa kesalahan itu:

Membiarkan daging ayam terlalu lama

Kesalahan saat memasak daging ayam
Ilustrasi (Foto: National Geographic Indonesia)

Banyak orang, termasuk para koki profesional, sering melakukan kesalahan ini. Membiarkan daging ayam terlalu lama pada suhu kamar justru dapat memicu berkembangnya bakteri berbahaya. Oleh karena itu, segera simpan daging ayam di dalam lemari setelah dibeli. Ambil jika kamu akan memasaknya saja. Jika ayam dibekukan, cairkan dalam kulkas dua hari sebelum dimasak.

Salah menyimpan daging ayam

Kesalahan saat memasak daging ayam
(Foto: Istimewa)

Kamu tidak bisa menempatkan daging ayam di mana saja di dalam kulkas. Kamu tidak boleh meletakkan daging ayam di rak paling atas. Mengapa? Karena cairannya bisa merembes dan menetesi makanan yang disimpan di rak bawah. Sebaiknya letakkan daging ayam di atas piring dan simpan di rak paling bawah.

Mencuci ayam sebelum memasaknya

Kesalahan saat memasak daging ayam
(Foto: Istimewa)

Hampir semua orang melakukan hal ini: mencuci daging ayam sebelum memasaknya. Mengapa salah? Karena mencucinya, terutama dengan cara membilasnya, justru menyebabkan bakteri pada ayam menyebar dan melekat di permukaan sekitar. Sebaiknya daging ayam itu langsung digoreng atau dimasak pada suhu yang tepat.

Salah membumbui daging ayam

Kesalahan saat memasak daging ayam
(Foto: amazonaws.com)

Merendam ayam dengan bumbu terlalu lama bisa membuat daging ayam tercemar bakteri. Mengapa? Karena sebenarnya bakteri tumbuh lebih baik pada suhu hangat. Oleh karena itu, jangan gunakan kembali bumbu yang sudah bersentuhan dengan daging mentah. Lebih baik rendam ayam dengan bumbu dalam kantong plastik atau wadah tertutup lainnya di kulkas. Setelah itu, buang wadah itu.

Menggunakan alat yang sama

Kesalahan saat memasak daging ayam
(Foto: Safebee)

Jangan menggunakan alat atau wadah yang sama dengan yang kamu gunakan untuk mengolah daging ayam. Kamu harus tahu bahwa alat yang telah bersentuhan dengan daging ayam mentah berisiko tercermar bakteri salmonella. Oleh karena itu, cuci seluruh bagian yang telah bersentuhan dengan daging ayam setelah menggunakannya.

Mencampur daging ayam mentah dengan bahan lainnya

Kesalahan saat memasak daging ayam
(Foto: Istimewa)

Banyak orang melakukan kesalahan ini. Mereka meletakkan daging ayam bersama dengan bahan makanan lain. Bahkan mencampurkannya. Ini salah karena bakteri yang ada pada daging ayam bisa menyebar dan mencemari bahan makanan lainnya. Jadi, jangan mencampurkan daging ayam mentah dengan daging lainnya. Jangan meletakkannya dekat dengan bahan makan lain yang belum dimasak.

Tidak mencuci tangan

Kesalahan saat memasak daging ayam
(Foto: Istimewa)

Setelah menyentuh atau memegang daging ayam mentah, cucilah tanganmu. Jika tidak, bakteri pada ayam akan menempel dan mencemari apa pun yang kamu sentuh.