Kecantikan & Kesehatan

Ini Jenis Olahraga yang Tepat untuk Kamu Selama Ramadan

Jenis olahraga yang tepat selama Ramadan
Ilustrasi (Foto: google)
46views

Berita terkini Jelujur.com – Jika diperhatikan baik-baik, salah satu perubahan mencolok yang terjadi selama Ramadan ini adalah pola makan. Jika sebelumnya kamu makan 3 kali atau bahkan lebih dalam sehari, maka pola seperti itu berubah selama Ramadan ini. Tubuh akan berpuasa selama lebih dari 12 jam. Tidak ada lagi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, kecuali karena alasan kesehatan, setelah sahur hingga waktu berbuka puasa.

Jika hanya pola makan yang berubah, itu berarti bahwa aktivitas lain tidak berubah. Kita tetap bekerja seperti biasa. Melakukan aktivitas rutin seperti biasa. Termasuk di dalamnya adalah berolahraga.

Jenis olahraga yang tepat selama Ramadan
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Dr. Ranj Singh, dokter dan presenter, menekankan pentingnya menjaga kebugaran tubuh selama Ramadhan dengan berolahraga. Namun, olahraga yang dilakukan haruslah olahraga ringan. Tidak boleh olahraga berat. Mengapa? Karena puasa lebih dari 12 jam akan berdampak pada kemampuan tubuh berolahraga.

“Tetaplah jaga agar tubuh sehat dan bugar, tapi jangan berlebihan karena justru akan membuat tubuhmu kurang baik,” katanya seperti dikutip kompas.com dari BBC.

Olahraga seperti apa yang tepat dilakukan selama Ramadan? Ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan. Kamu bisa memilih jalan cepat, jogging ringan, atau aerobik ringan.

Jenis olahraga yang tepat selama Ramadan
Ilustrasi (Foto: sibenik.in)

Selain jenis olahraga, yang harus kamu perhatikan juga adalah waktu olahraga. Ada yang bilang bahwa berolahraga pada waktu puasa tidaklah tepat karena saat itu perut dalam keadaan kosong. Lebih baik olahraga dilakukan setelah berbuka puasa karena pada saat itu tubuh sudah mendapatkan energi dari makanan dan minuman.

Yang lain bilang bahwa berolahraga pada saat berpuasa tidaklah masalah. Dan waktu terbaik untuk berolahraga adalah menjelang berbuka puasa. Menurut dr. Saptawati Bardosono, seperti dilansir kompas.com, olahraga sebaiknya dilakukan 30—60 menit menjelang berbuka karena sudah mendekati waktu makan. Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga ringan.