fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Ini Dia Makanan yang Bikin Otak Moncer

Makanan untuk bikin otak pintar
Ilustrasi Otak (Foto: Istimewa)
72views
Waktu baca : 3 menit

Otak adalah organ yang menjadi pusat perintah dan sistem saraf manusia. Organ inilah yang mengatur kecerdasan, kreativitas, emosi, ingatan, pergerakan tubuh, dan lainnya. Organ inilah yang menjaga kerja jantung dan paru-paru dan menjadi pusat kontrol pikiran, gerakan, dan sensasi.

Kinerja organ ini sangat tergantung pada, salah satunya, nutrisi yang dikonsumsi. Jika apa yang dikonsumsi mengandung zat atau senyawa yang bisa membuat otak tetap sehat, maka kinerja akan meningkat. Jika tidak, maka yang terjadi adalah sebaliknya.

Makanan apa saja yang dapat membuat kinerja otak meningkat? Beriktu beberapa di antaranya seperti yang dilansir Lifehack:

Ikan Salmon

Makanan untuk bikin otak pintar
(Foto: Istimewa)

Penelitian menunjukkan bahwa ikan salmon kaya akan lemak dan omega 3. Kandungan omega 3 ini sangat penting untuk otak. Kamu harus tahu bahwa sekitar 60% otak terdiri dari lemak dan setengah darinya adalah jenis omega 3. Otak menggunakan omega 3 untuk membentuk lapisan pelindung di sekitar neuron dan membangun sel otak dan saraf yang sangat baik untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Blueberry

Makanan untuk bikin otak pintar
(Foto: Medical News Today)

Buah ini mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan ini membantu melindungi otak dari stres dan penuaan dini serta mengurangi peradangan yang terjadi pada otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan buah berri secara rutin dapat meningkatkan kesehatan otak; dapat meningkatkan daya ingat.

Kopi

Makanan untuk bikin otak pintar
(Foto: Istimewa)

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kafein yang terkandung di dalam kopi dapat meningkatkan kemampuan kognitif alami. Kafein ini menjadi stimulan neurologis alami yang tidak hanya memberi energi, tetapi juga mencegah adenosin yang dapat membuat otak lelah.

Dari penelitian juga diketahui bahwa kopi juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol. Antioksidan ini dapat mengurangi peradangan pada otak dan menjaga otak agar tetap berenergi. Manfaat lainnya adalah meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, meningkatkan daya ingat, mengurangi risiko depresi, dan mencegah penyakit Parkinson.

Brokoli

Makanan untuk bikin otak pintar
(Foto: Kosovapost.net)

Salah satu senyawa yang terkandung di dalam brokoli adalah sulforaphane. Senyawa ini dapat meningkatkan fungsi kognitif dan daya kerja otak. Kandungan gizinya terbukti mampu meningkatkan neurogenesis atau produksi sel-sel baru pada otak.

Brokoli juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya. Sebut saja vitamin K dan folat. Vitamin K berfungsi melindungi sel-sel otak. Sementara folat berfungsi sebagai detoksifikasi dan mengurangi peradangan pada otak.

Kenari

Makanan untuk bikin otak pintar
(Foto: Shutterstock)

Kamu ingin kinerja otakmu tetap terjaga? Makanlah kenari. Mengapa? Kenari mengandung omega 3 dan DHA yang paling tinggi. Kandungan DHA sangat penting untuk menjaga otak tetap sehat.

Kacang kenari juga mengandung antioksidan, folat, magnesium, kalium, dan fosfor dalam jumlah tinggi. Kandungan ini dapat menurunkan peradangan pada otak.

Selain itu, kenari juga mengandung melatonin. Itu adalah nutrisi untuk mengatur pola tidur. Asupan melatonin yang cukup akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, sehingga kesehatan dan kinerja otak meningkat.

Telur

Makanan untuk bikin otak pintar
(Foto: Istimewa)

Telur mengandung banyak mineral penting yang dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan otak. Ada vitamin B6, B12, folat, dan kolin. Kolin, misalnya. Kandungan ini sangat penting dalam membangun asetilkolin yang berfungsi untuk menjaga suasana hati dan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Kadar kolin yang rendah dapat menyebabkan peradangan otak, kesulitan berkonsentrasi, dan mudah lelah.

Cokelat

Makanan untuk bikin otak pintar
(Foto: Istimewa)

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi cokelat memiliki daya ingat yang cukup baik. Dengan mengonsumsi cokelat, aliran darah ke otak menjadi lebih lancar. Kalau aliran dara lancar, kinerja otak menjadi lebih baik. Memori, konsentrasi, fokus, dan reaksi menjadi lebih baik.

Kadar magnesium yang tinggi pada cokelat dapat menenangkan dan merilekskan otak. Selain itu, cokelat dapat meningkatkan kadar endorfin yang membuat perasa