Berita

Ini 4 Warisan Ahok yang Sudah Diresmikan Anies-Sandi

Karya Ahok yang sudan diresmikan pasangan Antes-Sandi
Anies Baswedan dan Basuki Tjahja Purnama (Foto: Antara)
84views
Waktu baca : 3 menit

Beberapa hari lalu, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, meresmikan Lapangan Banteng. Setelah direvitalisasi, Lapangan Banteng memang menunjukkan wajah baru yang memukau. Lebih indah dan lebih tertata.

Dalam acara peresmian ini, dari video yang beredar melalui Facebook, ada sebuah insiden yang terjadi. Ketika Anies sedang menyampaikan pidatonya, sejumlah warga berteriak menyebut nama Ahok. “Itu karya Ahok,” teriak mereka.

Harus diakui bahwa ada beberapa proyek yang baru diresmikan pasangan Anies-Sandi merupakan proyek peninggalan Basuki Tjahja Purnama atau yang biasa dipanggil Ahok. Selain revitalisasi Lapangan Banteng itu, masih ada proyek lain yang merupakan karya Ahok. Berikut beberapa di antaranya:

Kawasan Kali Besar, Kota Tua

Karya Ahok yang sudan diresmikan pasangan Antes-Sandi
(Foto: Antara)

Revitalisasi Kota Tua adalah gagasan Joko Widodo, ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dan Ahok. Salah satu bagian yang direvitalisasi adalah Kali Besar. Proyek baru dimulai pada tahun 2016 ketika Ahok duduk di kursi gubernur untuk menggantikan Jokowi yang menjadi presiden.

Pada awal Juli lalu, Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta, mengatakan bahwa Revitalisasi Koridor Kali Besar Tahap I sudah selesai. Aksesnya telah dibuka untuk umum.

“Kami, hari ini, secara simbolis, alhamdulillah, melakukan pembukaan seng dan pemberian akses kepada masyarakat untuk proyek revitalisasi Kali Besar baru yang sangat monumental ini dan dilaksanakan dalam bentuk Public Private Partnership (PPP), kemitraan antara pemerintah, dunia usaha, dan melibatkan komunitas masyarakat juga,” katanya pada Jumat (6/7) lalu seperti dilansir Liputan6.com.

Underpass Kartini

Karya Ahok yang sudan diresmikan pasangan Antes-Sandi
(Foto: detikcom)

Rabu (28/2) lalu, Anies meresmikan Underpass Kartini di simpang Lebak Bulus-Pondok Indah, Jakarta Selatan. Proyek pembangunan underpass ini dimulai pada Januari 2017. Diharapkan dengan adanya underpass ini, kemacetan lalu lintas di simpang ini bisa diatasi.

“Alhamdulillah, proyek yang sudah dijadwalkan selesai. Pada saat itu masih belum berjalan dengan jadwalnya karena ada hambatan dari saluran utilitas yang melintang di lintas bawah. Alhamdulillah, semula direncanakan bulan April, bulan Februari bisa tuntas dan bisa lebih cepat dipakai warga dan bermanfaat, sehingga jalur ini bisa berguna bagi warga,” kata Anies.

Flyover Bintaro

Karya Ahok yang sudan diresmikan pasangan Antes-Sandi
(Foto: rumah123.com)

Tidak lama setelah meresmikan Underpass Kartini, Anies kembali meresmikan proyek warisan Ahok lainnya, yaitu Flyover Bintaro. Jalan layang sepanjang 381 m dan lebar 10 m itu mulai dibangun pada tahun lalu. Pada pertengahan Maret lalu, flyover itu diresmikan.

 “Karena kami ketahui makin intensif pergerakan kereta api, apabila dia melewati lintas sebidang, maka akan punya efek pada meningkatnya dan berhentinya kendaraan lalu lintas roda dua, roda empat, dan efeknya pada kemacetan,” kata Anies.

Lapangan Banteng

Karya Ahok yang sudan diresmikan pasangan Antes-Sandi
(Foto: Antara)

Rabu (25/7) lalu, Anies meresmikan Lapangan Banteng. Ia berharap agar Lapangan Banteng tidak hanya dijadikan taman, tetapi juga pusat interaksi warga.

“Harapannya tempat ini bukan sekadar tempat yang memesona. Rancangannya baik adalah rancangan yang memungkinkan warga berinteraksi bersama di arena ini. Tempat ini menjadi tempat di mana warga bisa berinteraksi, warga bisa melakukan kegiatan bersama,” ungkapnya.

Proyek revitalisasi Lapangan Banteng digagas Ahok pada tahun 2016 lalu. Namun, proyek itu baru dilaksanakan pada tahun 2017. Peletakan baju pertama dilakukan oleh Plt Gubernur Sumarsono. Setelah direvitalisasi, Lapangan Banteng tampak lebih segar. Monumen Pembebasan Irian Barat yang berdiri gagah di tengah-tengah lapangan terlihat lebih bersih. Taman-taman terlihat lebih indah.