fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Ingin Pulihkan Paru-Paru yang Rusak karena Asap Rokok? Makan Makanan Ini!

Makanan untuk membersihkan paru-paru dari efek nikotin
Ilusrasi (Foto: Thinkstock)
91views
Waktu baca : 2 menit

Nikotin yang terkandung di dalam rokok punya efek yang sangat berbahaya. Salah satu organ yang bisa rusak oleh serangan nikotin adalah paru-paru. Nikotin menyebabkan penurunan fungsi paru-paru. Bahkan bisa menyebabkan kanker paru-paru.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa kematian yang disebabkan oleh kanker paru-paru lebih tinggi jumlahnya daripada kematian karena kanker lain seperti kanker payudara, kanker kolon, dan kanker prostat. Di dunia, kanker paru-paru ini tercatat sebagai penyebab kematian ke-7.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Data menunjukkan bahwa kanker paru-paru merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di RS Persahabatan, 43,4% perempuan dan 83,6% laki-laki yang menderita kanker paru-paru adalah perokok.

Makanan untuk membersihkan paru-paru dari efek nikotin
Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru (Foto: AFP)

Berhenti merokok adalah jalan paling baik. Berhenti merokok akan membuat fungsi paru-paru menjadi lebih baik lagi. Risiko kanker paru-paru pun menurun.

Selama proses pemulihan paru-paru ini, yaitu menjadi lebih baik dan sehat, para mantan perokok dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan-makanan sehat itu akan membantu memaksimalkan proses pemulihan.

LiveStrong mencatat beberapa jenis makanan yang baik harus dikonsumsi mantan perokok untuk memulihkan paru-paru:

Tinggi flavonoid

Makanan untuk membersihkan paru-paru dari efek nikotin
(Foto: Istimewa)

Makanan dan minuman yang mengandung kadar flavonoid yang tinggi adalah stroberi, teh hijau, kacang, bawang merah, dan buah apel. Makanan dan minuman ini mengandung antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu melindungi paru-paru yang telah terpapar asap rokok. Flavonoid akan menahan sel kanker dan memerangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh nikotin.

Buah-buahan dan sayuran

Makanan untuk membersihkan paru-paru dari efek nikotin
(Foto: Istimewa)

Para mantan perokok dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai macam buah dan sayur. Mengapa? Kandungan yang terdapat di dalam buah-buahan dan sayur-mayur dapat menekan risiko kanker paru-paru pada perokok.

Tinggi vitamin A

Makanan untuk membersihkan paru-paru dari efek nikotin
(Foto: Istimewa)

Harus diketahui bahwa benzyopryene dan karsinogen yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan vitamin A. Oleh karena itu, mereka yang sudah berhenti merokok dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kadar vitamin A yang tinggi. Vitamin A akan mengurangi risiko penyakit paru-paru seperti emfisem. Makan yang mengandung kadar vitamin A yang tinggi, antara lain, adalah pepaya, melon, dan wortel.