Makanan

Ingin Puasamu Lancar? Kurangi Garam dan Minyak!

Kurangi garam dan minyak selama Ramadan
Ilustrasi (Foto: google)
49views

Berita terkini Jelujur.com – Lancar atau tidaknya puasamu; penuh atau tidaknya puasamu sebenarnya sangat tergantung pada apa yang kamu konsumsi saat sahur. Jika yang kamu konsumsi adalah makanan yang bergizi dan memberikan energi untuk kamu melakukan aktivitas sepanjang hari, maka puasamu akan lancar. Jika tidak, kamu bisa saja membatalkan puasamu pada tengah hari.

Makanan seperti apa yang harus dikonsumsi agar puasamu lancar? Dan makanan seperti apa yang harus dihindari? Dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD, seperti dilansir detikHealth, punya saran penting untuk kamu yang sedang menjalani Ramadan.

“Hindari makanan yang berminyak dan banyak mengandung garam karena mengkibatkan banyak kencing. Mengonsumsi cairan 2,5 liter dalam sehari, dicicil dari setelah berbuka puasa,” katanya beberapa waktu lalu.

Kurangi garam dan minyak selama Ramadan
Tempe goreng (Foto: cookpad.com)

Gorengan adalah salah satu contoh makanan berminyak yang harus dihindari selama puasa ini. Lebih baik kamu menggantinya dengan makanan yang mengandung banyak air seperti semangka. Buah yang kaya akan air itu sangat dibutuhkan tubuh selama puasa ini.

Tidak jarang orang memilih makanan berat ketika berbuka puasa. Hal ini tidak dilarang. Boleh-boleh saja. Namun, jika kamu makan berbagai jenis makanan, garam yang terkandung di dalam berbagai jenis makanan itu akan menumpuk dalam tubuhmu. Oleh karena itu, batasi asupan makanan yang mengandung banyak garam dan minyak.

Kurangi garam dan minyak selama Ramadan
Semangka (Foto: google)

Yang tidak kalah penting adalah air putih. Minumlah air putih sebelum dan sesudah makan. Dalam sehari, kamu harus minum 2,5 liter  air. Dan itu dicicil bukan diminum sekaligus.