Tips

Ingin Lunasi Utang Setelah Lebaran? Lakukan 3 Hal Ini!

Cara melunasi utang setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
43views

Berita terkini Jelujur.com – Tidak sedikit orang yang terpaksa berutang untuk bisa merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung. Ada yang berutang untuk bisa membeli tiket perjalanan, yang lain berutang untuk membeli pakaian atau makanan. Apakah kamu juga terpaksa berutang untuk satu dari dua hal itu?

Memang tidaklah bijak berutang untuk merayakan Lebaran. Namun, dalam kondisi tertentu, berutang adalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi masalah itu.

Setelah Lebaran, utang itu harus dilunasi. Bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa cara praktis yang bisa kamu lakukan:

Jangan jajan

Cara melunasi utang setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ingatlah bahwa kamu punya utang. Jadi, jangan berjajan atau makan di luar rumah. Sering berjajan berarti sering mengeluarkan uang. Bayangkan jika setiap hari kamu berjajan. Berapa banyak uang yang kamu keluarkan?

Jika tidak berjajan atau makan di luar rumah, lalu apa yang harus kamu lakukan? Bawalah bekal untuk makan siang di tempat kerja. Dengan cara ini, kamu bisa menekan pengeluaran bulananmu.

Jangan rajin cek media sosial

Cara melunasi utang setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Mengapa media sosial? Apa hubungannya dengan utang? Bukanlah rahasia bahwa banyak orang berdagang atau berjualan melalui media sosial seperti Facebook, Line, dan Instagram. Apa yang dijual di situ biasanya sangat menggoda. Dan bisa jadi juga bikin kamu “lapar mata”.

Jadi, beranilah menahan diri. Jangan terlalu rajin mengecek media sosialmu. Jika kamu harus mengecek, janganlah fokus pada akun yang menjajakan barang atau produk apa pun. Kamu harus tahu bahwa karena media sosial juga kamu bisa menjadi sangat konsumtif karena mengikuti gaya hidup orang lain.

Carilah sumber pendapatan lain

Cara melunasi utang setelah Lebaran
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Untuk melunasi utangmu, kamu tidak bisa mengandalkan hanya satu sumber penghasilan. Kamu harus bisa mencari sumber penghasilan lain. Misalnya, kamu bisa berdagang melalui media sosial atau internet. Atau kamu bisa menjadi freelancer.