fbpx
Olahraga

Indonesia Sudah Menyamai Perolehan Medali Emas pada Asian Games 1970

Prestasi Indonesia salam aging Asian Games
Tim bulutangkis beregu putra meraih medali perak (Foto: detikcom)
115views
Waktu baca : 3 menit

Hingga hari ini, Jumat (24/8), Indonesia tetap bergeming pada peringkat kelima dalam klasemen perolehan medali Asian Games 2018. China masih memimpin dengan 116 medali: 55 emas, 40 perak, dan 21 perunggu. Pada posisi kedua ada Jepang dengan 86 medali: 25 emas, 28 perak, dan 33 perunggu.

Korea Selatan menyusul pada posisi ketiga dengan 63 medali: 16 emas, 20 perak, dan 27 perunggu. Iran, yang sebelumnya berada pada posisi ke-5, mengejar dengan raihan 27 medali: 10 emas, 9 perak, dan 8 perunggu. Indonesia turun satu peringkat setelah disalip Iran. Pada hari Kamis (23/8) lalu, tim Indonesia meraih 7 medali. Tambahan medali itu membuat koleksi medali Indonesia menjadi 24 keping, yang terdiri atas 8 emas, 6 perak, dan 10 perunggu.

Prestasi Indonesia salam aging Asian Games
Medali pertama disumbangkan oleh Edgar Xavier Marvelo dengan medali perak dari wushu (Foto: detikcom)

Jika dibandingkan dengan negara lain di kawasan Asia Tenggara, posisi Indonesia masih tetap yang terbaik. Di bawah Indonesia ada Thailand yang mencoba menyusul dengan 6 emas, 4 perak, dan 16 perunggu. Malaysia, Vietnam, dan Singapura berada di luar kelompok 10 besar. Sejauh ini, Malaysia masih berada pada urutan ke-16 dengan 1 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. Di atas Malaysia ada Vietnam pada posisi ke-14 dengan 1 emas, 4 perak, dan 7 perunggu, dan Singapura pada posisi ke-13 dengan 2 emas, 1 perak, dan 6 perunggu.

Perolehan medali tim Indonesia dipastikan masih akan bertambah. Beberapa atlet Indonesia masih akan bertanding dalam beberapa hari ke depan. Untuk hari ini saja, ada 8 cabang olahraga yang diprediksi akan menambah jumlah medali emas, yaitu boling, balap sepeda, senam, dayung, jetski, menembak, panahan, dan renang.

Prestasi Indonesia salam aging Asian Games
Dua medali dari cabang dayung (Foto: Kemenpora)

Saat ini, dengan perolehan 8 medali emas itu, Indonesia sebenarnya sudah menyamai perolehan medali emas pada Asian Games 1978 silam. Pada ajang yang digelar di Bangkok, Thailand, itu, Indonesia mengumpulkan 8 emas, 7 perak, dan 18 perunggu.

Hingga berita ini diturunkan, dari 8 cabang olahraga yang dipertandingkan hari ini, Jumat (24/8), tim dayung sudah menyumbangkan 1 medali emas dan 1 medali perak. Dengan demikian, Indonesia sudah menyamai perolehan medali emas yang ditorehkan pada Asian Games 1970 di Bangkok. Saat itu, tim Indonesia mengumpulkan 9 medali emas, 7 perak, dan 7 perunggu.

Prestasi Indonesia salam aging Asian Games
Jafro Megawanto dari cabang paralayang sumbang medali emas (Foto: INASGOC)

Dengan tambahan 2 medali itu, Indonesia sudah mengumpulkan 26 medali: 9 emas, 7 perak, dan 10 perunggu. Sejauh ini, jumlah perolehan medali emas Indonesia masih jauh dari yang pernah dicatat Indonesia pada tahun 1962. Ketika itu, Indonesia mengumpulkan 21 emas, 26 perak, dan 30 perunggu. Indonesia keluar sebagai juara kedua. Sementara Jepang menjadi juara umum. Dapatkah Indonesia mengulang prestasi itu?