Olahraga

Indonesia Jadi Satu-satunya Wakili ASEAN di Perempatfinal Piala Asia U-16

Hanya Indonesia Wakil ASEAN di perempatfinal Piala Asia U-16
Timnas Indonesia U-16 (Foto: AFC)
43views
Waktu baca : 2 menit

Setelah menjuarai Piala AFF U-16 2018 pada Agustus lalu, timnas Indonesia U-16 berlaga dalam Piala Asia U-16 2018. Ajang itu digelar di Malaysia. Garuda Muda masuk grup C bersama Iran, India, dan Vietnam.

Jika diperhatikan baik-baik, David Maulana dan teman-temannya masuk dalam grup yang tidak mudah. Di situ ada tim kuat seperti Irak dan Vietnam. Sementara India tidak diketahui seperti apa kekuatannya karena belum ada laga yang mempertemukan Indonesia dengan India.

Hanya Indonesia Wakil ASEAN di perempatfinal Piala Asia U-16
Bagus dan teman-temannya berhasil membungkam Iran pada laga perdana penyisihan Grup C (Foto: Dok. PSSI)

Melihat penghuni grup C, banyak orang merasa bahwa Garuda Muda akan mengalami kesulitan untuk lolos ke babak berikutnya. Yang kemungkinan besar melaju adalah Irak dan Vietnam. Namun, tidak sedikit yang optimistis bahwa Bagus dan teman-temannya akan berbicara banyak dalam ajang ini. Vietnam pernah mereka kalahkan. Dan mereka pernah bermain imbang 3-3 dalam laga uji coba melawan Oman, salah satu tim dari Asia Barat, beberapa hari sebelumnya.

Garuda Muda memulai langkahnya dalam turnamen ini dengan meyakinkan. Iran mereka kalahkan dengan skor 2-0 pada laga pertama penyisihan grup. Pada laga ini, si kembar Bagus-Bagas mencetak gol. Pada laga kedua, laju mereka ditahan Vietnam 1-1.  Dan pada laga penentuan juara grup, India berhasil menahan imbang Garuda Muda tanpa gol.

Hanya Indonesia Wakil ASEAN di perempatfinal Piala Asia U-16
Bagus merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Iran (Foto: AFC)

Indonesia melewati babak penyisihan grup dengan 1 kemenangan dan 2 hasil imbang. India pun demikian. Dengan koleksi 5 poin dan unggul selisih gol atas India, Indonesia lolos sebagai juara grup. Sementara Iran dan Vietnam tersisih.

Menariknya adalah Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara dalam babak perempatfinal Piala Asia U-16 2018. Pasalnya, 3 tim Asia Tenggara lainnya, yakni Malaysia, Vietnam, dan Thailand, sudah tersingkir. Thailand dan Malaysia yang berada di Grup A finis di belakang Jepang dan Tajikistan. Dengan demikian, jika Indonesia bisa melangkah ke babak semifinal, maka Indonesia akan menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang berlaga dalam Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Peru tahun depan.