fbpx
Ilmu Pengetahuan

Para Ilmuwan Mencari Alasan Mengapa Payudara Bisa Kendur

Faktor penyebab payudara kendur
Ilustrasi (Foto: iStock)
183views

Pertambahan usia menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya. Elastisitas kulit berkurang karena produksi kolagen dan elastin berkurang. Akibatnya adalah kulit akan kendur dan mengeriput. Tidak lagi sekencang sebelumnya.

Itulah salah satu alasan mengapa payudara bisa kendur. Alasan lainnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Juga karena efek gravitasi dan lainnya.

Rupanya persoalan payudara yang bisa kendur ini menarik perhatian para ilmuwan. Mengapa payudara bisa kendur? Apakah selain alasan yang sudah disebutkan di atas, masih ada alasan lain? Pertanyaan itu merangsang mereka melakukan penelitian untuk mencari tahu mengapa payudara bisa kendur.

Faktor penyebab payudara kendur
(Foto: University of Portsmouth)

Sekelompok ilmuwan dari University of Portsmouth, Inggris, berencana melakukan sebuah penelitian untuk memecahkan masalah itu. Penelitian ini disebut-sebut sebagai yang terbesar dalam satu dekade terakhir. Rencananya penelitian ini akan dilakukan bulan depan.

Selama 2 hari, para ilmuwan akan melakukan penelitian pada sejumlah perempuan yang menjadi relawan. Para perempuan itu diberikan kompensasi sebesar 30 poundsterling atau setara dengan Rp560 ribu. Mereka akan diminta melakukan aktivitas di atas treadmill. Salah satunya adalah berjalan.

Faktor penyebab payudara kendur
(Foto: University of Portsmouth)

Aktivitas mereka di atas treadmill itu akan dianalisis dengan pemindaian MRI (Magnetic Resonance Imaging) maupun citra 3-dimensi. Para ilmuwan juga akan memeriksa jaringan lemak dan jaringan lain yang menyusun payudara. Para ilmuwan berharap dapat mengetahui faktor utama yang menyebabkan payudara cepat mengendur.

Baca :   Fakta-Fakta Menarik Tentang Air Mata

“Penelitian ini akan jadi yang pertama dimana para ilmuwan mempunyai bukti apakah kepadatan payudara mempengaruhi pergerakannya,” kata Dr. Tim Blackmore, ilmuwan senior dari University of Portsmouth, seperti dikutip dari dailymail.co.uk.

Faktor penyebab payudara kendur
(Foto: University of Portsmouth)

Penelitian ini dijalankan oleh Research Group in Breast Health yang berbasis di Hampshire University. Grup ini terkenal sebagai pemimpin penelitian tentang payudara dalam dekade terakhir. Penelitian ini akan dilakukan di St. Mary’s NHS Treatment Centre di Portsmouth. Hasil penelitian akan dimanfaatkan untuk mencari bentuk dan desain bra yang paling ideal untuk memperlambat payudara mengendur.