Berita

Gunung Es 11 Juta Ton Mencair di Greenland: Akankah Terjadi Tsunami?

Gunung es 11 juta ton memicu tsunami di Greenland
(Foto: express.co.uk)
61views

Dalam beberapa hari belakangan ini, seperti dilansir express.co.uk, warga Desa Innarrsuit, Greenland, sedang diliputi rasa takut. Pasalnya, sebuah gunung es seberat 11 juta ton terbawa arus dan mendekati desa mereka. Jika bongkahan es itu runtuh dan jatuh ke laut, maka akan terjadi tsunami dahsyat. Gelombang tinggi itu bisa menyapu desa yang dihuni 169 orang itu.

Menurut meteorolog Denmark, gunung es itu memiliki lebar 198 m dan tinggi hampir 91 m dari permukaan laut. Pada umumnya, gunung es tidak selalu mencair secara perlahan. Kerap kali bongkahan es yang besar justru lebih dulu runtuh dan jatuh ke laut sebelum kemudian mencair.

Gunung es 11 juta ton memicu tsunami di Greenland
Bongkahan es (Foto: Istimewa)

Saat ini, warga Innarrsuit menggantungkan harapan pada cuaca. Jika angin mendorong gunung es yang terapung itu menjauhi daratan ke Teluk Baffin, maka krisis berlalu. Tidak akan ada gelombang tinggi yang bakal menyapu pemukiman mereka. Namun, jika cuaca berubah hangat atau turun hujan yang hangat, besar kemungkinan bongkahan es itu runtuh ke laut dan menimbulkan gelombang tinggi.

“Ini bukan proses yang tenang,” kata Joerg Schaefer, peneliti iklim di Observatorium Bumi Lamont-Doherty, Universitas Columbia, kepada New York Times.

Sudah 33 orang warga yang dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Warga pemilik kapal diminta segera memindahkan kapal mereka menjauhi gunung es. Saat ini, kapal kapal milik Angkatan Laut Denmark tengah bersiaga di dekat Pulau Innaarsuit.