Olahraga

Gol Tanpa Selebrasi: Ada Uruguay di Dalam Hati Griezmann

Ada Uruguay dalam hati Antoine Griezmann
Antoine Griezmann (Foto: kompas.com)
245views
Waktu baca : 2 menit

Langkah dua tim dari Amerika Latin dalam Piala Dunia 2018 ini dipupus Prancis. Yang pertama adalah Argentina. Messi dan teman-temannya tidak bisa melenggang ke babak perempat final karena dibungkam Pogba dan teman-temannya pada babak 16 besar dengan skor 4-3.

Tim kedua yang dipulangkan Prancis adalah Uruguay. Dalam laga perempat final yang digelar di Nizhny Novgorod Stadium, Jumat (6/7) lalu itu, tim asuhan Didier Deschamps tampil ofensif. Gol dari Raphael Varane pada menit ke-40 dan Antoine Griezmann pada menit ke-61 membuat Luis Suarez dan teman-temannya tidak bisa melangkah ke babak semifinal.

Dari dua gol itu, gol Griezmann adalah yang terindah. Gol itu dicetak dengan sebuah tendangan terukur dari luar kotak penalti. Tendangan yang tidak bisa diblokir dengan sempurna oleh Musarela.

Ada Uruguay dalam hati Antoine Griezmann
(Foto: The Independent)

Setelah mencetak gol itu, Griezmann sama sekali tidak melakukan selebrasi. Tidak seperti Varane yang berlari ke pinggir lapangan sambil berteriak kegirangan, Griezmann justru diam saja. Ia hanya memeluk teman setimnya yang berlari mendekati dan kemudian mengerubutinya.

Reaksi penyerang Atletico Madrid itu menjadi tanda tanya besar. Mengapa ia tidak melakukan selebrasi seperti sebelumnya? Mengapa air mukanya begitu dingin? Bahkan terkesan seperti ia sedang sedih?

“Saya tidak merayakan gol itu karena seseorang berkebangsaan Uruguay mendukung saya pada awal karier saya,” katanya seperti dilansir situs FIFA.

Orang yang ia maksudkan itu adalah Martin Lasarte, mantan pelatih Real Sociedad (2009—2011). Griezmann memang pernah memperkuat Real Sociedad. Dan ia belajar banyak dari sang pelatih.

“Lasarte mengajari saya hal-hal baik dan buruk dalam sepak bola. Jadi, saya menghormati Uruguay,” sambungnya.

Ada Uruguay dalam hati Antoine Griezmann
Griezmann dan Diego Godin membela klub yang sama: Atletico Madrid (Foto: Twitter)

Alasan lainnya adalah ia menghormati dua teman seklubnya di Atletico Madrid, yaitu Diego Godin dan Jose Gimenez. Bahkan Diego Godin adalah bapak baptis putrinya.

“Saya juga bermain melawan beberapa teman. Karena itu, menurut saya, wajar kalau saya tidak merayakan gol tersebut,” katanya.

Pada babak semifinal nanti, Prancis akan menghadapi Belgia yang baru saja mendepak salah satu calon kuat juara Piala Dunia 2018: Brasil. Pertandingan melawan Belgia akan menjadi pertandingan yang berat untuk Griezmann dan teman-temannya.