Ilmu Pengetahuan

Generasi Muda, Belajarlah dari Stephen Hawking!

Wejangan-wejangan Stephen Hawking
Stephen Hawking (Foto: google)
82views

Berita terkini Jelujur.com – Stephen Hawking meninggal dunia pada Rabu (14/3) lalu di kediamannya di Cambridge, Inggris. Kematiannya adalah sebuah peristiwa kelabu untuk dunia ilmu pengetahuan. Sejak hari itu, dunia tidak akan lagi mendengar berbagai teori dan terobosan baru dalam dunia ilmu pengetahuan.

Sejak berusia 21 tahun, Hawking bergelut dengan penyakit langka bernama Amyothrophy Lateral Sclerosis (ALS). Ia divonis hanya mampu bertahan selama 2 tahun. Ternyata tidak. Ia justru bertahan hingga lebih dari 20 tahun.

Wejangan-wejangan Stephen Hawking
(Foto: Getty Images)

Lebih dari 20 tahun itu, ia melahirkan banyak karya fenomenal. Karya-karyanya mempunyai pengaruh yang besar terhadap dunia. Teori dan wejangan-wejangan penulis The Universe in a Nutshell ini menjadi inspirasi untuk berbagai generasi.

Pada Juni 2010 lalu, seorang jurnalis ABC bernama Diane Sawyer pernah memintanya untuk mengatakan sesuatu kepada generasi muda yang sedang menghadapi berbagai masalah kompleks. Dan ia memberikan pesan yang benar-benar berpengaruh pada banyak anak muda.

“Satu, ingat untuk selalu melihat bintang dan tidak pada kakimu. Dua, jangan menyerah dalam bekerja. Pekerjaan memberimu arti dan tujuan hidup tak akan berarti tanpanya. Tiga, jika kamu beruntung menemukan cinta, ingat, cinta ada di sana dan jangan sia-siakan.”

Wejangan-wejangan Stephen Hawking
(Foto: google)

Dalam autobiografinya yang berjudul Stephen Hawking: My Brief History yang terbit pada tahun 2013, ia memberikan nasihat, khususnya kepada orang dengan keterbatasan fisik secara khusus.

“Saya percaya bahwa orang dengan keterbatasan seharusnya berkonsentrasi melakukan yang tetap bisa dikerjakan dengan kursi roda dan tidak menyesali hal lain yang tidak bisa dilakukan,” katanya.

Tidak lama setelah peluncuran bukunya itu, ia berpesan kepada generasi muda untuk tidak menyerah ketika menghadapi berbagai tantangan.

“Jadilah orang yang selalu bertanya. Sesulit apa pun hidup, akan selalu ada sesuatu yang bisa kamu kerjakan dan mengantarkanmu pada keberhasilan. Penting bagimu untuk tidak menyerah,” pesannya.

Wejangan-wejangan Stephen Hawking
(Foto: google)

Salah satu pesannya yang sangat seksi adalah “jangan takut pada kematian.” Ia berpesan demikian karena ia sudah “mengatasi” perasaan takut akan kematian. Sejak berusia 21 tahun, ia sudah menderita ALS. Ia bahkan divonis hidup hanya 2 tahun. Namun, apa yang terjadi?

“Saya telah hidup dengan prospek mati lebih awal selama 49 tahun. Saya tidak takut kematian. Namun, saya juga tidak ingin mati dengan cepat. Ada banyak hal yang ingin saya lakukan dalam hidup saya,” katanya.