Gaya Hidup

Generasi Milenal, Bisnis Laundry Koin Menggiurkan, Lho

Bisnis laundry koin menggiurkan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
44views

Bisnis penatu sudah berkembang pesat di Indonesia. Sudah tidak terhitung banyaknya tempat yang menawarkan jasa cuci-setrika pakaian ini. Prospek bisnisnya pun cerah. Catatan Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI) pada tahun 2015 menunjukkan bahwa omzet usaha ini sangat besar. Bisnis laundry kiloan disebut sebagai bisnis dengan omzet mencapai triliunan rupiah per hari.

Ada banyak hal yang membuat bisnis ini berkembang begitu pesat. Salah satu faktor yang paling menonjol adalah gaya hidup urban. Orang yang tinggal di kota-kota besar ingin semua hal berjalan serbacepat dan serbapraktis. Dengan demikian, membawa pakaian kotor ke tempat laundry adalah pilihan yang masuk akal.

Alasan lainnya adalah tidak adanya waktu untuk melakukan pekerjaan seperti itu karena ada banyak hal lain yang harus dikerjakan. Mencuci dan menyetrika pakaian sendiri membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Pada waktu yang bersamaan, ada banyak hal lain yang harus dilakukan. Jadi, cara paling baik adalah membawa pakaian kotor ke tempat laundry.

Laundry Koin

Bisnis laundry koin menggiurkan
Bisnis laundry koin di Jepang bertumbuh subur (Foto: YouTube)

Saat ini, dari bisnis ini pula, berkembang versi lain yang tidak kalah menariknya. Namanya laundry koin. Versi ini sudah berkembang pesat di Jepang.

Bukan tanpa alasan mengapa versi lain dari laundry kiloan ini lahir. Versi ini lahir sebagai jawaban atas kekhawatiran pengguna jasa ini. Kekhawatiran?

Bukan rahasia lagi bahwa banyak pelanggan mengeluh karena warna pakaian yang dicuci memudar, ada pakaian yang hilang, dan aroma pakaian yang tidak segar. Bagaimana cara mengatasinya? Salah satunya adalah menciptakan versi lain yang lebih mudah, tapi tetap menguntungkan.

Dalam versi laundry koin ini, pelanggan membeli koin yang kamu sediakan agar bisa menggunakan mesin cuci. Masing-masing koin punya batasan waktu. Misalnya, 1 koin untuk menggunakan mesin cuci dengan kapasitas 10 kg dalam waktu 15 menit. Kalau mereka mau menggunakan mesin pengering pakaian, mereka harus membeli koin lagi.

Omzet besar

Bisnis laundry koin menggiurkan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Bisnis laundry koin ini punya prospek yang sangat cerah. Omzet yang kamu hasilkan dari bisnis ini pun bisa sangat menggiurkan. Dalam sebulan, kamu bisa menghasilkan puluhan juta rupiah. Bagaimana perhitungannya?

Perhitungannya kira-kira seperti ini. Harga 1 koin Rp15.000,00. Dalam sehari, misalnya, kamu bisa menjual hingga 100 keping koin. Itu berarti bahwa keuntungan yang kamu peroleh setiap hari adalah Rp1,5 juta. Dengan demikian, dalam sebulan, kamu bisa menghasilkan uang sebanyak Rp45 uta dan setahun sebanyak Rp540 juta.

Itu belum termasuk pemasukan lain yang juga merupakan bagian dari bisnis laundry koin itu. Pemasukan lain itu bisa datang dari penjualan makanan dan minuman. Bukankah pelanggan yang sedang menunggu pakaiannya dicuci dan disetrika itu ingin makan dan minum? Jadi, mengapa tidak kamu manfaatkan peluang itu?