fbpx
Gaya Hidup

Mengajak Jalan Anjing Peliharaan Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental

Ilustrasi / Foto: gradyreese/iStock.com
152views

Mengajak anjing peliharaan jalan-jalan secara teratur ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah studi kecil yang dipublikasikan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health mengatakan, pemilik anjing termotivasi untuk menuntun hewan peliharaannya karena dapat membuat mereka bahagia.Studi ini menganalisis wawancara, dan refleksi secara tertulis dan pribadi dari 26 orang tentang mengapa mereka mengajak anjing mereka berjalan. Meski banyak pemilik yang mengaku melakukannya karena ingin memberi kebahagiaan pada anjing mereka, namun para periset juga mengatakan ada rasa bahagia dari para pemelihara.
Ilustrasi (Foto: beverlyhillsconciergeservice.com)
Penulis utama penelitian, Carri Westgarth, seorang peneliti dari University of Liverpool, Inggris, mengatakan bahwa dia berharap temuan ini beresonansi dengan pemilik anjing dan para pencinta hewan. “Membawa anjing berjalan bisa sangat penting bagi kesehatan mental kita, dan tidak ada kegembiraan seperti melihat anjing Anda bersenang-senang,” katanya.Westgarth juga menyarankan, agar jalan-jalan bersama anjing lebih berkesan, pemilik sebaiknya mempertimbangkan untuk meninggalkan ponsel dan kekhawatiran mereka di rumah dan mencoba untuk fokus mengamati anjing dan menghargai lingkungan sekitar.
Baca :   Inilah 6 Mobil Termahal di Dunia
Ilustrasi (Foto: straitstimes.com)
Rekomendasi Westgarth, cobalah rute baru atau jalan lebih lama dan jauh agar pemilik dan anjing peliharaan bisa lebih aktif. Rutinitas ini, kata Westgart, bisa menghasilkan keajaiban karena manusia dan anjing sama-sama saling mencintai.“Jika Anda bersedih, siapkan waktu seharian untuk berjalan membawa anjing. Anjing Anda akan berterima kasih untuk itu dan Anda mungkin benar-benar menikmatinya lebih dari yang Anda pikirkan,” terang Westgart.