fbpx
Gaya Hidup

Berlibur Bisa Membuat Hidup Kamu Sehat dan Bermakna

Ilustrasi (Foto: thegryphon.co.uk)
73views

Kebutuhan hidup masyarakat Indonesia saat ini tak hanya sekadar sandang, pangan dan papan. Bagi sebagian orang, liburan menjadi hal penting. Khususnya mereka yang tinggal di kota besar. Penatnya aktivitas, ditambah hiruk-pikuk suasana kota membuat liburan menjadi tren gaya hidup.

Berdasarkan riset global yang dikeluarkan oleh World Travel and Tourism Council tahun 2018, Asia menjadi benua dengan pertumbuhan sektor Travel dan Tourism tercepat dibanding negara-negara lainnya. Dalam riset ini disebutkan, Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan traveler tercepat (7.7%).

Ilustrasi (Foto: bookmundi.com)

Karena itu, dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia semakin menyukai kegiatan berlibur atau travellling. Travelling sendiri sebenarnya tak hanya sekadar refreshing atau melepas penat. Banyak sisi positif yang didapat dari travelling. Apa Saja? Berikut ulasannya.

Meningkatkan kesehatan

Ilustrasi (Foto: gocollette.com)

Travelling akan memberikan dampak yang luar biasa pada kesehatan mental. Karena dapat mengurangi tingkat stres atau penat yang membebani saat menjalani rutinitas sehari-hari. Bagi sebagian orang, travelling merupakan obat depresi.

Pandangan tentang dunia lebih terbuka

Ilustrasi (Foto: careersblog.enterprise.co.uk)

Travelling dapat meningkatkan kapasitas atau kemampuan dalam berbahasa. Kita juga bisa mengeksplor dan memahami diri lebih dalam lagi. Dengan terbiasa menghadapi situasi baru, lingkungan baru, serta bertemu dengan orang baru, kita jadi lebih mudah beradaptasi dengan keadaan. Ini yang menyebabkan pandangan kita terhadap dunia menjadi lebih terbuka.

Baca :   Main Ponsel 20 Jam, Darah di Otak Perempuan Ini Membeku

Meningkatkan sifat toleransi

Ilustrasi (Foto: espootravel.com)

Saat travelling, kita akan bertemu dengan orang-orang baru, yang akan memicu kita untuk beradaptasi. Dari situ, kita akan belajar untuk memahami perspektif baru, serta meningkatkan jiwa toleransi yang kita miliki.

Menciptakan pengalaman penuh makna

Ilustrasi (Foto: dichvuthuexedulich.com)

Travelling dapat menciptakan memori yang akan terkenang seumur hidup. Adanya pengalaman saat menjalani travelling bersama orang-orang terdekat, menciptakan kenangan-kenangan tersendiri bagi para traveler. Tentunya, memori itu akan menjadi hal berharga yang tak dapat dibeli dengan uang.