Ilmu Pengetahuan

Fakta-Fakta tentang Tubuh Manusia yang Harus Kamu Ketahui

Fakta tentang Tubuh manusia yang harus diketahui
Ilustrasi (Foto: iStock)
69views
Waktu baca : 3 menit

Sudah sejak dahulu, para ahli filsafat mencoba merumuskan manusia dalam terminus yang lugas, padat, dan jelas. Apa itu manusia dilihat dan dibedah dari berbagai sudut. Sampai pada akhirnya semuanya sepakat bahwa tidak ada jawaban yang benar-benar final tentang apa dan siapa manusia.

Ya, manusia memang masih merupakan misteri terbesar di dunia. Masih ada begitu banyak hal yang belum terungkap dari manusia. Mulai dari anatominya yang rumit, kemampuan berpikirnya yang canggih, dan dimensi spiritualnya yang halus, lembut, dan membingungkan.

Belum terungkap sepenuhnya berbagai hal tentang manusia merangsang para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu untuk melakukan penelitian berkelanjutan tentang manusia. Dari penelitian demi penelitian itu, sedikit demi sedikit, terkuak fakta-fakta yang mencengangkan tentang manusia. Beberapa di antaranya seperti dilansir dari Bright Side berikut ini:

Lidah

Fakta tentang Tubuh manusia yang harus diketahuii
(Foto: iStock)

Organ ini berperan penting. Manusia mencicip, mengunyah, mencampur, dan menelan makanan dengan organ ini. Peran penting lain adalah, bersama dengan bibir, organ ini membantu manusia untuk berbicara. Tidak percaya? Coba ucapkan kata “lama” dengan lidah melekat pada langit-langit mulut. Tentu saja tidak bisa.

Lidah juga tercatat merupakan organ dengan otot yang paling banyak bergerak dan paling fleksibel di dalam tubuh. Organ yang bisa dilipat, ditekut, dan dibentuk menjadi apa pun.

Kulit

Fakta tentang Tubuh manusia yang harus diketahui
(Foto: Istimewa)

Ini adalah organ tubuh yang paling besar. Tercatat sebagai salah satu organ yang paling rumit. Dan yang mencengangkan adalah kulit merupakan orang yang sangat elastis. Mengapa tidak, 1 inci kulit dapat meregang 2—3 kali daripada ukuran normalnya. Gary Turner, seorang pria asal Inggris, disebut-sebut sebagai orang dengan kulit paling elastis di dunia. Kulitnya sangat longgar, sehingga ia bisa meregangkannya sepanjang 6 inci. Kasus ini terjadi pada 1 dari 10.000 orang.

Air mata

Fakta tentang Tubuh manusia yang harus diketahui
(Foto: suicidepreventionlifeline.org)

Air mata merupakan kelenjar yang diproduksi oleh kelenjar lakrimal yang terletak tepat di atas sudut luar mata untuk membersihkan dan melumasi mata. Banyak orang bilang bahwa semua air mata sama. Ternyata tidak. Air mata yang keluar karena emosi berbeda dengan air mata yang keluar ketika berkedip dan yang keluar karena iritasi.

Uniknya, meskipun terlihat seperti jenis air mata yang biasa, air mata akan tampak berbeda di bawah mikroskop. Dan air mata ini mengandung banyak zat. Ada elektrolit seperti natrium dan kalium, ada protein dalam bentuk enzim, ada glukosa, dan zat lainnya.

Iris

Fakta tentang Tubuh manusia yang harus diketahui
(Foto: Pixabay)

Hampir semua organ pada tubuh manusia sangat unik dan rumit. Salah satunya adalah iris mata. Ia tampak seperti jaring laba-laba di sekitar lubang hitam di bawah mikroskop. Fungsi iris adalah memberikan warna pada mata dan mengatur besar-kecilnya pupil dengan tujuan membatasi jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Uniknya adalah, sama seperti sidik jari, iris mata dari masing-masing orang berbeda.