Makanan

Es Krim Khas dari Berbagai Negara

Es krim khas dari berbagai negara
Ilustrasi (Foto: facetofeet.com)
45views

Berita terkini Jelujur.com – Es krim adalah sejenis makanan semipadat yang terbuat dari tepung krim atau campuran susu, lemak hewani atau nabati, gula, dan bahan lain. Makanan ini biasanya dihidangkan sebagai pencuci mulut. Dibekukan terlebih dahulu pada suhu tertentu sebelum dinikmati.

Hampir setiap negara di dunia, seperti dilansir dari Reader’s Digest, punya kreasi es krim yang khas. Mulai dari Eropa hingga Asia; dari Amerika hingga Australia. Seperti apa es krim dari berbagai negara itu?

Gelato

Es krim khas dari berbagai negara
(Foto: Shutterstock)

Ini adalah salah satu es krim dari Italia. Di Indonesia, es krim jenis ini bukan lagi dessert yang asing. Banyak gerai yang menjualnya. Dihadirkan dengan berbagai varian rasa.

Sejarah es krim ini bercampur dengan mitos. Banyak orang bilang bahwa es krim ini terbuat dari salju dan es. Sejarah baru mencatat bahwa pada tahun 1686, seorang nelayan dari Sisilia bernama Francesco Procopio dei Coltelli menyempurnakan mesin es krim pertama. Namun, es krim ini baru populer pada tahun 1920-an—1930-an di Varese, sebuah kota yang terletak kira-kira 55 km di utara kota Milan.

Spaghettini

Es krim khas dari berbagai negara
(Foto: google)

Ada beberapa sumber yang menulis “spaghettini”. Sementara beberapa yang lain menulis “spaghettieis”. Sekalipun ada sedikit perbedaan, kamu jangan berpikir bahwa es krim ini berasal dari Italia. Sama sekali tidak. Es krim ini justru datang dari Jerman. Diciptakan oleh Dario Fontanella pada akhir tahun 1960-an di Mannheim.

Disebut “spaghettini” atau “spaghettieis” karena es krim vanilanya dicetak dengan mesin pencetak mi, sehingga bentuknya seperti mi/spaghetti. Kemudian dicampurkan dengan krim kocok, selai stroberi, parutan kelapa, dan cokelat putih. Es krim ini tidak terlalu terkenal di luar Jerman dan Eropa. Namun, dalam beberapa kesempatan, es krim ini disajikan di restoran mewah di Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, dan Australia.

Fun-Shaped Ice Cream

Es krim khas dari berbagai negara
(Foto: metatube.com)

Es krim ini dibuat berbeda bentuknya agar lebih menarik dan menggoda. Ada yang berbentuk hidung, bibir, roket, kepala Darth Vader, dan jari. Itulah kekhasan es krim dari Spanyol. Rasanya menggoda. Ada rasa apel, jeruk, mangga, dan lainnya.

Dondurma

Es krim khas dari berbagai negara
(Foto: Shutterstock)

Ini adalah es krim khas Turki. Dibuat dengan salep, yaitu tepung yang terbuat dari akar anggrek. Akar anggrek ini hanya ada di Turki.

Es krim ini sangat disukai karena teksturnya sangat kenyal dan elastis seperti keju mozzarella. Jika kamu ingin menikmati es krim ini, kamu harus terbang ke Turki. Pasalnya, akar anggrek yang digunakan untuk membuat es krim ini dilarang untuk diekspor.

Snow Cream

Es krim khas dari berbagai negara
(Foto: google)

Konon, sebelum Charles Mason dan Jeremiah Dixon membuat garis batas antara Maryland, Pennsylvania, dan Delaware (1763—1767), orang Amerika jarang sekali melihat salju. Namun, mereka punya tradisi yang menarik. Ketika mereka tahu bahwa hari-hari turunnya salju akan berakhir, mereka akan menampung salju dalam sebuah mangkuk dan mencampurkannya dengan gula, susu, dan ekstrak vanila. Jadilah es krim yang murah meriah. Rasanya? Sudah pasti lezat.

Mochi

Es krim khas dari berbagai negara
(Foto: Shutterstock)

Es krim ini berasal dari Jepang. Es krim ini dibuat dengan rice paste agar tidak meleleh. Di Indonesia, banyak gerai yang menjual es krim ini. Selain di Indonesia, es krim ini pun digemari di Amerika Utara, Eropa, dan Afrika.

Mantecado

Es krim khas dari berbagai negara
(Foto: google)

Ini adalah es krim khas Kuba yang terbuat dari custard, yaitu merupakan campuran dari susu atau krim dan kuning telur dan dicampurkan dengan kayu manis dan pala. Bisa juga dicampurkan dengan buah-buahan. Es krim ini sangat disukai karena dapat menyehatkan jantung.

I Tim Pad

Es krim khas dari berbagai negara
(Foto: Shutterstock)

Es krim yang satu ini sangat mudah kamu temukan di berbagai sudut jalan di Thailand. Ciri khasnya adalah bulat dan tipis. Es krim ini punya berbagai varian rasa. Sangat lezat.

Hokey Pokey

Es krim khas dari berbagai negara
(Foto: google)

Ini es krim dari Selandia Baru. Menurut Krista Canfield McNich, pendiri FoodWaterShoes, sebuah situs tentang makanan, es krim ini kental dengan rasa vanila. Sangat lezat karena dicampur dengan honeycomb toffee.