Olahraga

Emas Pertama untuk Indonesia dari Nomor Taekwondo

Medali Emas pertama untuk Indonesia
Defia Rosmaniar (Foto: detikcom)
31views

Indonesia berhasil mendapatkan medali emas. Adalah Defia Rosmaniar yang memberikan medali emas pertama untuk Indonesia dalam Asian Games 2018 ini. Ia menjadi yang terbaik dari nomor taekwondo poomsae putri setelah mengalahkan Marjan Salahshouri dari Iran.

Defia bertanding pada partai puncak di Plenary Hall, Jakarta Covention Center, Minggu (19/8). Ia meraih medali emas setelah mengumpulkan 8.690 poin. Marjan mengumpulkan 8.470 poin dan berhak atas medali perak. Sementara Yap Khim Wen dari Malaysia dan Yun Jihye dari Korea mendapatkan medali perunggu.

Setelah dipastikan meraih medali emas, Defia berlari mendekati pelatih dan memeluknya. Setelah itu, ia melakukan victory lap membawa bendera Merah Putih dan berlari menuju tribun tempat Presiden Jokowi duduk.

“Bangga dan senang. Terima kasih buat semuanya kepada Allah SWT dan semua yang mendukung,” katanya sambil meneteskan air mata.

Medali Emas pertama untuk Indonesia
(Foto: detikcom)

Ia benar-benar bahagia karena akhirnya bisa mempersembahkan emas untuk Indonesia. Pasalnya, pada babak semifinal, ia sempat gugup. Ia berjuang keras untuk menenangkan diri ketika hendak bertanding melawan wakil dari Korea Selatan.

“Tadi pas semifinal, sempat deg-degan juga lawan Korea. Alhamdulillah, pedenya semakin meningkat. Di pikiran saya cuma ‘bisa, bisa, dan bisa mengalahkan mereka’,” ungkap atlet asal Bogor ini.

Yang membuatnya bangga adalah Presiden Joko Widodo menonton penampilannya. Dan presiden jugalah yang mengalungkan medali emas padanya.

“Tadi beliau menyampaikan selamat dan semoga sukses,” katanya.

Medali Emas pertama untuk Indonesia
Edgar Xavier (Foto: Antara)

Sebelum emas dari Defia, kontingen Indonesia sudah mendapatkan medali dari nomor wushu. Edgar Xavier Marcelo menyumbangkan medali perak dari nomor changquan putra. Dengan dua medali ini, untuk sementara ini, Indonesia berada pada urutan ke-4 dalam tabel perolehan medali sementara. China memimpin dengan 6 emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Korea Selatan menyusul dengan 2 emas, 2, perak, dan 4 perunggu. Jepang berada pada urutan ketiga dengan 1 emas, 4 perak, dan 3 perunggu.