Teknologi

Di Amerika, Apple Watch Dijadikan sebagai Kartu Mahasiswa

Apple Watch menjadi kartu mahasiswa
(Foto: Apple)
98views
Waktu baca : 2 menit

Berita terkini Jelujur.com – Perangkat teknologi yang wearable dimanfaatkan institusi pendidikan. Selain sebagai alat belajar, sebuah produk teknologi mutakhir dijadikan sebagai kartu identitas. Inilah yang terjadi di Universitas Alabama, Amerika Serikat.

Baru-baru ini, seperti dilansir kompas.com, salah satu perguruan tinggi populer di Negeri Paman Sam itu mengeluarkan sebuah kebijakan baru. Para mahasiswanya diharuskan menggunakan Apple Watch. Produk teknologi itu akan menjadi pengganti kartu mahasiswa.

Penggunaan teknologi wearable semakin merasuk pada berbagai aspek kehidupan, termasuk sistem pendidikan. Bukan sekadar menjadi alat belajar, teknologi ini juga digunakan untuk mengganti kartu identitas mahasiswa di sebuah universitas.

Apple Watch menjadi kartu mahasiswa
University of Alabama (Foto: Alabama Today)

Stewart Bell, pimpinan tertinggi Universitas Alabama, mengatakan bahwa program ini dibuat untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat wearable. Rencana ini sudah digarap beberapa waktu belakangan ini.

“Kami sebenarnya telah mengerjakan proyek ini secara rahasia. Ini adalah teknologi masa depan yang akan memungkinkan mahasiswa kami untuk mendapatkan akses keamanan yang lebih baik,” katanya.

Universitas Alabama sangat serius menggarap proyek ini. Buktinya adalah kerja sama yang erat antara universitas dengan Apple sebagai vendor dari Apple Watch. Kerja sama ini sudah dibangun sejak satu tahun belakangan ini. Dukungan Apple tak terbatas hanya pada penyediaan perangkat Apple Watch. Rencananya, jika proyek penggunaan Apple Watch sebagai pengganti kartu mahasiswa berjalan lancar, Apple juga akan menyediakan perangkat iPhone.

Apple Watch menjadi kartu mahasiswa
Para mahasiswa Universitas Alabama (Foto; Alabama News Center)

Apple mengatakan bahwa Apple Watch milik mahasiswa itu dapat digunakan untuk banyak hal seperti akses ke perpustakaan, akses untuk mengikuti acara-acara kampus, hingga alat untuk membayar makan malam. Pihak universitas mengatakan bahwa program ini akan mulai diimplementasikan pada September mendatang.

Tidak hanya Universitas Alabama, tetapi juga beberapa perguruan tinggi lainnya yang menerapkan kebijakan serupa. Dua di antaranya adalah Universitas Duke dan Universitas Oklahoma. Kedua universitas ini akan menerapkan kebijakan serupa pada September mendatang.