Berita

Dengan Mata Berkaca-kaca, Jokowi Bilang: Zohri Orang Besar

Presiden Joko Widodo dan Lalu Muhammad Zohri di Istana Bogor
Presiden Joko Widodo dan Lalu Muhammad Zohri (Foto: Kumparan)
175views

Lalu Muhammad Zohri sudah tiba di Jakarta pada Selasa (17/7) malam lalu. Anak muda itu baru saja mengharumkan nama Indonesia dalam ajang IAAF World Championship U-20 yang digelar beberapa hari lalu di Finlandia. Ia membuat nama Indonesia diperhitungkan dunia.

Di hadapan para wartawan, ia mengungkapkan salah satu keinginannya setelah tiba di Indonesia: berkunjung ke istana untuk bertemu dengan orang besar. Orang besar yang ia maksudkan tidak lain dan tidak bukan adalah Presiden Joko Widodo.

Keinginan remaja yatim piatu itu terpenuhi. Rabu (18/7) sore, ia diterima “orang besar” itu di Istana Bogor, Jawa Barat. Ia datang sekitar pukul 14.00 WIB dengan pakaian training khas atlet Indonesia.

Presiden Joko Widodo dan Lalu Muhammad Zohri di Istana Bogor
Presiden Jokowi menjadi sopir untuk Lalu (Foto: Kumparan)

Dari air mukanya bisa dilihat betapa bahagia dan bangganya Presiden Jokowi pada Lalu. Bangga karena remaja 18 tahun itu sudah mengharumkan nama Indonesia. Namun, beberapa menit kemudian, air mukanya berubah.

“Agak mengganjal di hati saya saat Zohri diwawancara ‘Mau ke Istana?’ Jawabannya ‘Mau banget ketemu orang besar.’ Ini yang keliru. (Ini) yang mengganjal di hati saya,” katanya di Istana Bogor, Kompleks Istana Kepresidenan, seperti dikutip dari kumparan.com.

Presiden Joko Widodo dan Lalu Muhammad Zohri di Istana Bogor
Jokowi mengajak Lalu berjalan di halaman Istana Bogor (Foto: Kumparan)

Matanya berkaca-kaca. Dia terharu melihat perjuangan Zohri. Dalam keterbatasannya, pemuda kelahiran Karang Pansor, 1 Juli 2000, itu bisa membuat Indonesia dikenang dunia.

“Orang besar bukan di sini (Istana), tapi Zohri. Dia yang orang besar. Dengan segala keterbatasan dan kekurangan fasilitas, dengan ambisi besar, kerja keras, dan kegigihan, Zohri bisa memenangkan pertandingan lari 100 m U-20,” ungkapnya.

Setelah itu, Jokowi mengajak putra dari Lalu Ahmad Yani dan Saeriah  itu mengelilingi Istana Bogor bagian belakang dengan mobil golf. Jokowi duduk di balik kemudi. Sementara Lalu duduk di sampingnya.