Berita

Catat Ini: Tidak Ada Telur Palsu!

Tidak ada telur ayam palsu yang dijual di pasar
Telur ayam asli yang dijual di pasar (Foto: merdeka.com)
50views

Berita terkini Jelujur.com – Sejak 14 Maret lalu, beredar dua buah video yang sangat meresahkan masyarakat. Video itu adalah video tentang pembuatan telur palsu. Video itu beredar di Aceh dan Mataram.

Tidak lama setelah video yang viral di berbagai media sosial itu beredar, ada pengaduan dari masyarakat Jakarta tentang telur yang diduga palsu yang dijual di sebuah pasar di kawasan Jakarta. Kabarnya telur palsu itu diimpor dari Tiongkok. Pengaduan itu disampaikan kepada PD Pasar Jaya Pasar Johar.

Segera setelah menerima pengaduan tentang beredarnya telur palsu itu dari PD Pasar Jaya Pasar Johar, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) langsung melakukan penyelidikan. Mereka terjun ke pasar, mengambil sampel telur yang disebut-sebut tidak asli itu, dan melakukan uji laboratorium. Dari hasil uji laboratorium itu akhirnya terungkap bahwa telur yang diduga tidak asli itu adalah benar-benar telur ayam.

“Kami, bersama-sama dengan tim, ambil sampel pengujian. Secara fisik, ternyata tidak ada (telur palsu). Itu asli dan diuji di laboratorium. Tidak ada istilah itu plastik dan bukan dari ayam,” kata Sri Hartati, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI Jakarta, di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (20/3) lalu, seperti dilansit liputan6.com.

Tidak ada telur ayam palsu yang dijual di pasar
Dinas KPKP bersama PD Pasar Jaya dan Food Station sedang memberikan klarifikasi terkait kabar tentang telur palsu (Foto: Warta Kota)

Sri menghimbau masyarakat agar tidak termakan hoax bahwa telur palsu yang dibuat di Tiongkok sudah beredar di Jakarta. Telur yang dijual di pasar adalah benar-benar telur ayam.

“Jadi, itu positif DNA dari ayam. Yang disangkakan sekelompok orang itu bukan telur ayam adalah tidak benar. Kami sampaikan kepada masyarakat bahwa yang dibeli mereka dan dikonsumsi mereka sebenarnya telur asli dari ayam,” tegasnya.