Kecantikan & Kesehatan

Cara Praktis Mengusir Bau Mulut yang Tidak Sedap: Minum Teh Jahe

Atasi bau mulut tidak sedap dengan teh jahe
Teh Jahe (Foto: iStock)
40views

Semua orang sepekat tentang satu hal ini: bau mulut yang tidak sedap bukanlah perkara yang sederhana. Tidak sederhana karena perkara itu berhubungan dengan banyak hal. Efeknya juga besar dan sangat serius.

Dari dalam diri sendiri, bau mulut yang tidak sedap adalah tanda bahwa tubuh tidak sehat. Ada penyakit tertentu yang sedang menggerogoti tubuh. Jika bau napas seperti bau daging busuk, misalnya, berarti ada tonsilitis atau radang amandel. Demikian kata Dr. Harold Katz, pendiri The Breath Company, seperti dilansir dari The Sun.

Atasi bau mulut tidak sedap dengan teh jahe
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Selain karena ada penyakit tertentu yang sedang bercokol di dalam tubuh, bau mulut juga bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bawang putih, misalnya. Bumbu dapur itu, jika dimakan, bisa menyebabkan aroma napas tidak segar. Demikian juga makanan dan minuman lain seperti telur, kopi, susu, daging merah, dan junk food.

Pada gilirannya, aroma napas yang tidak segar itu membuat orang tidak bisa bersosialisasi dengan lugas. Tidak bisa berbicara banyak dan lancar. Tidak bisa bergaul dengan lebih bebas.

Atasi bau mulut tidak sedap dengan teh jahe
Bawang putih (Foto: Pixabay)

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Jika bau mulut yang tidak sedap itu berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh, maka cara untuk mengatasinya adalah mengobati atau mengatasi penyakit yang sedang diderita itu. Jika ternyata bau mulut itu dipicu oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan tidak mengonsumsinya atau dengan mengonsumsi makanan dan minuman lain yang bisa membuat napas kembali segar.

Dilansir dari Daily Mail, salah satu minuman yang bisa mengatasi masalah bau mulut yang tidak sedap itu adalah teh jahe. Mengapa? Karena tanaman rimpang itu mengandung senyawa gingerol yang memberi rasa pedas. Dan rasa pedas itu merangsang enzim di dalam mulut untuk memecahkan zat bau, sehingga napas berubah menjadi segar. Demikian hasil penelitian yang dilakukan tim ilmuwan di Technical University of Munich, Jerman.

Atasi bau mulut tidak sedap dengan teh jahe
Teh jahe (Foto: Stylecaraze.com)

Dari penelitian itu, para ilmuwan menemukan bahwa jahe membuat sulfhidril oksid meningkat dalam beberapa detik.

“Akibatnya, napas kita juga berbau lebih baik,” kata Thomas Hofmann dari Technical University of Munich.