Olahraga

Bukan Mbappe atau Pogba atau Griezmann, Melainkan Kante

Sepak Terjang N'Golo Kante di Piala Dunia 2018
N'Golo Kante (13) adalah gelandang bertahan terbaik Prancis (Foto: Twitter/@OptaJohan)
151views
Waktu baca : 3 menit

Mintalah orang menyebut siapa saja pemain bintang di timnas Prancis yang memenangi trofi piala dunia edisi ke-21 ini. Mereka akan lebih banyak menyebut nama-nama ini: Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, dan Paul Pogba. Nama-nama itu disebut karena mereka adalah bintang di klub masing-masing. Juga karena nama-nama itu berada dalam daftar pencetak gol dalam ajang Piala Dunia 2018.

Kamu menunggu dan berharap nama N’Golo Kante disebut? Jika tidak nama lengkapnya, paling kurang nama belakangnya, Kante? Kemungkinan besar kamu tidak akan mendengarnya kecuali jika orang yang kamu tanya adalah penggemar berat Chelsea dan Leicester City.

Ya, nama N’Golo Kante memang jauh dari bibir banyak orang. Tidak disebut dan dielu-elukan. Maklum dia bukanlah goal getter seperti Antoine Griezmann. Juga bukan pemain dengan kemampuan dribbling yang memukau seperti Mbappe. Dia bukan seperti itu. Tambahan lagi, dia bukan pemain dengan gaya rambut atau dandanan “wah” seperti Pogba sehingga mudah sekali dikenali.

Speak Terjang N'Golo Kante di Piala Dunia 2018
Kante berhasil menghentikan pergerakan Messi (Foto: Instagram/@nglkante)

Sekarang putar lagi potongan video atau rekaman pertandingan semua laga timnas Prancis selama Piala Dunia 2018 berlangsung dan perhatikan barisan di lapangan tengah. Di situ ada seorang lelaki bertubuh pendek. Perhatikan bagaimana lelaki itu menghalau semua serangan lawan di lapangan tengah.

Pergerakan lelaki itu sangat cepat. Daya jelajahnya sangat tinggi. Pada suatu momen dia berada di depan kotak penalti. Namun, dalam waktu tiga detik kemudian, dia sudah berada di lapangan tengah. Lalu dalam dua detik berikutnya dia sudah berada di sayap kiri. Dia sangat cepat.

Sepak Terjang N'Golo Kante di Piala Dunia 2018
Kante bertarung dengan kapten Kroasia, Luka Modric (Foto: Jewel Samad/AFP)

Opta mencatat bahwa lelaki itu merebut bola sebanyak 61 kali; terbanyak dalam pesta akbar ini. Pada partai semifinal Prancis melawan Belgia, akurasi umpan lelaki itu sangat tinggi: mencapai 91%. Di seluruh kompetisi, akurasi umpannya mencapai 89,6%. Itu belum termasuk rata-rata 3,2 intersep dan 2,3 tekel sukses dalam setiap pertandingan.

Itulah hebatnya lelaki kecil itu. Dia sangat kuat. Dia ada di mana-mana. Dan lelaki kecil itu adalah orang yang namanya tidak disebutkan banyak orang itu. N’Golo Kante. Dia bisa dengan cepat membaca arah permainan. Sampai-sampai Pogba sendiri terheran-heran.

“Duet saya dengan Kante? Ini begitu mudah untuk bermain dengannya. Dia itu ada di mana-mana. Dia pasti punya 15 paru-paru,” puji Pogba seperti dikutip dari goal.com.

Sepak Terjang N'Golo Kante di Piala Dunia 2018
Kante dalam laga Prancis melawan Denmark (Foto: Mladen Antonov/AFP)

Demikianlah Kante. Dia memang tidak mendapatkan penghargaan individu dalam pesta akbar itu. Penghargaan “Pemain Muda Terbaik Piala Dunia 2018” jatuh ke tangan rekannya, Kylian Mbappe. Dan “Pemain Terbaik” adalah Luka Modric. Namun, Prancis tidak bisa melaju sejauh ini jika tidak ada Kante.

“Dengan Kante, Prancis bermain dengan 12 orang. Ia dianggap sebagai dua gelandang sendiri. Ia ada di mana-mana. Kualitas umpannya luar biasa dan ia bisa mematahkan serangan lawan. Ia mampu mendorong bola ke depan,” puji Gary Lineker, legenda Inggris, seperti dilansir dari L’Equipe.