Jalan-Jalan

Bukan di Maladewa! Penginapan Terapung Ini Ada di Indonesia, Lho

Penginapan terapung di Indonesia
Maratua Paradise Resort (Foto: travelingyuk.com)
92views

Berita terkini Jelujur.com – Maladewa masih menjadi salah satu tujuan favorit banyak wisatawan dunia, termasuk wisatawan dari Indonesia. Hampir setiap tahun ada saja orang Indonesia yang terbang ke Maladewa hanya untuk menikmati keindahan alamnya, khususnya pantainya yang disebut-sebut sangat eksotik itu. Mereka ingin melihat dari dekat beningnya air laut dan merasakan sensasi tidur di atas vila terapung.

Apakah untuk bisa menikmati pesona seperti itu kamu harus terbang hingga ke Maladewa? Tidak perlu! Indonesia menyimpan 1001 pesona. Indonesia punya banyak tempat di mana kamu bisa menikmati deburan ombak dari atas tempat tidurmu; melihat dari dekat riak-riak gelombang yang berkejar-kejaran hingga ke bibir pantai; mencium bau khas air laut; dan merasakan sensasi tidur di atas laut.

Berikut ini ada beberapa penginapan eksotis yang akan membuat kamu tidak pernah merasa cukup untuk menikmatinya: penginapan terapung.

Misool Eco Resort

Penginapan terapung di Indonesia
(Foto: cruisingindonesia.com)

Indonesia menyimpan pesonanya yang tidak terperikan di ujung timur. Pesona itu bernama Misool, satu dari empat pulau besar di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Pulau dengan luas wilayah 2.034 km2 itu berbatasan langsug dengan Laut Seram. Pulau ini termasuk dalam segitiga karang dengan banyaknya ikan hias dan menjadi jalur melintasnya hewan laut yang besar seperti ikan paus dan gurita.

Penginapan terapung di Indonesia
(Foto: equatordiving.com)

Di pulau ini ada sebuah resort cantik. Namanya Misool Eco Resort. Resort ini sangat tenang dan nyaman. Berdiri jauh dari keramaian. Dan, ini yang paling menyedot perhatian, terapung di atas laut. Jadi, sambil berbaring, kamu bisa melihat ikan yang berenang di dasar laut.

Ora Beach Resort

Penginapan terapung di Indonesia
(Foto: travelingyuk.com)

Dari Papua, kita terbang ke Maluku. Di situ, di Pulau Seram, terbentang sebuah pantai yang indah. Pantai Ora. Pantai yang terletak di ujung barat teluk Sawai ini terkenal dengan hamparan pasir putihnya, airnya yang jernih, dan indahnya terumbu karang dan aneka ragam biota laut.

Penginapan terapung di Indonesia
(Foto: Istimewa)

Semua pemandangan yang indah itu bisa kamu nikmati dari atas Ora Beach Resort.  Resort ini mengapung di atas laut. Dari jendela kamar, kamu bisa melihat air laut yang begitu jernih dan berbagai terumbu karang yang terhampar di bawahnya. Sebuah keindahan yang terpampang nyata sejak kamu membuka kedua matamu.

Pulo Cinta

Penginapan terapung di Indonesia
(Foto: gorontalotravel.wordpress.com)

Sama seperti Maluku, Gorontalo juga punya pesona. Di Teluk Tomini ada sebuah pulau yang sebelumnya tidak berpenghuni. Pulau kecil itu, menurut cerita rakyat, adalah tempat pertemuan rahasia pangeran dari Gorontalo dengan putri saudagar dari Belanda. Keduanya, untuk sejenak, lari dari perang yang sedang berkecamuk untuk menyatukan hati mereka. Pulau itu kemudian disebut Pulo Cinta.

Jauh kemudian, pulau itu ditemukan masyarakat dari Baeloma dan dilaporkan ke pihak Dinas Pariwisata Gorontalo. Di pulau itu dibangun sebuah resort yang didesain berbentuk hati. Pada ajang Sail Tomini Gorontalo, Pulo Cinta diresmikan oleh Menteri Rizal Ramli sebagai salah satu tempat wisata.

Penginapan terapung di Indonesia
(Foto: blog.reddoorz.com)

Di Pulo Cinta itu berdiri 15 cottage yang didesain begitu unik. Desainnya mirip dengan desain rumah adat di daerah itu. Kelima belas cottage itu mengelilingi pulau dengan pasir yang putih itu.

Maratua Paradise Resort

Penginapan terapung di Indonesia
(Foto: travelingyuk.com)

Angkat matamu dan arahkan pandanganmu ke Kalimantan Timur. Di Kepulauan Derawan berdiri sebuah resort cantik. Namanya Maratua Paradise Resort. Resort ini dikelilingi pantai berpasir putih dengan air sejernih kristal.

Maratua Paradise Resort punya 5 Water Villa dan 8 Beach Bungalow. Sesuai dengan namanya, Water Villa adalah vila yang berdiri di atas air laut. Sedangkan Beach Bungalow adalah penginapan yang berdiri di pinggir pantai.

Penginapan terapung di Indonesia
(Foto: trover.com)

Dari kedua tipe penginapan itu, Water Villa adalah penginapan yang menawarkan sensasi yang berbeda. Bayangkan saja, kamu bisa menginap di atas laut. Dari kamarmu, kamu bisa melihat jernihnya air laut. Jika tak tahan, kamu bisa melompat ke dalamnya dan berenang sepuas hatimu. Di belakang penginapanmu itu berjejer pohon nyiur dan hamparan pasir putih.

Pulau Ayer Resort & Cottages

Penginapan terapung di Indonesia
(Foto: Istimewa)

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta, jangan terbang jauh-jauh ke Maladewa hanya untuk merasakan sensasi tidur di atas laut. Berlayarlah ke Kepulauan Seribu di Teluk Jakarta. Di situ, di salah satu pulaunya, ada sebuah resort yang berdiri di atas laut.

Penginapan terapung di Indonesia
(Foto: pulauayer.com)

Nama resort yang eksotis itu adalah Pulau Ayer Resort & Cottages. Resort ini tertata rapi dan modern. Kesan alaminya terasa kuat dari perpaduan kayu yang membentuk penginapan dan riakan gelombang laut yang setiap saat bisa kamu rasakan.