fbpx
Berita

Yang Paling Kaya, yang Paling Dermawan

Orang paling kaya sekaligus paling dermawan di dunia
Ilustrasi (Foto: Freepik)
80views

Berkat daftar yang dibuat Forbes, orang-orang akhirnya tahu bahwa di dunia ini ada segelintir orang yang punya kekayaan dalam jumlah yang sangat banyak. Jumlahnya mencapai ribuan triliun. Itu jelas angka yang fantastis.

Menariknya adalah orang-orang yang disebut Forbes paling kaya sejagat itu juga sekaligus menjadi orang yang paling dermawan. Hal ini diketahui dari daftar yang dibuat oleh The Chronicle of Philanthropy. Orang-orang itu menyumbangkan kekayaan dalam jumlah yang sangat banyak untuk kebahagiaan orang lain. Jumlahnya mencapai triliunan rupiah.

Orang paling kaya sekaligus paling dermawan di dunia
Jeff Bezos dan istrinya (Foto: Istimewa)

Pemimpin daftar itu adalah Jeffrey Preston Bezos, pendiri sekaligus CEO Amazon. Ia dan istrinya, MacKenzie Tuttle, sudah menyumbangkan uang sebesar US$2 miliar atau setara dengan Rp28 triliun ke yayasan yang fokus pada pemeliharaan tunawisma. Sumbangan itu mereka salurkan melalui Bezos Day One Fund yang dibentuk pada 2018 lalu.

Setelah Bezos, ada nama Michael Bloomberg. Dalam daftar orang paling kaya di dunia yang dirilis Forbes itu, Bloomberg berada pada urutan ke-9. Sementara dalam daftar yang dibuat The Chronicle of Philanthropy, pengusaha dengan jumlah kekayaan mencapai Rp777 triliun itu berada pada urutan ke-2. Ia menyumbangkan uang senilai US$767 juta.

Orang paling kaya sekaligus paling dermawan di dunia
Michael Bloomberg (Foto: BBC.com)

Pierre Morad Omidyar dan istrinya, Pamela Kerr Omidyar, berada pada urutan ke-3. Pierre adalah pendiri eBay. Dia menjabat sebagai CEO perusahaan itu pada 1998—2015. Bersama istrinya, ia sudah menyumbangkan uang sebanyak US$392 juta.

Pada urutan ke-4 ada nama Stephen Schwarzman, CEO Blackstone. Ia sudah menyumbangkan uang sebesar US$390 juta. Sementara itu, Bill dan Melinda Gates, yang pada tahun 2018 lalu berada pada posisi puncak daftar ini, kini, turun ke urutan 12. Pada tahun 2018 lalu, keduanya telah menyumbangkan uang sebesar US$138 juta.

Baca :   Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Ditangkap KPK
Orang paling kaya sekaligus paling dermawan di dunia
Pierre Omidyar (Foto: Fortune)

Bagaimana dengan Mark Zuckerberg? Pada tahun 2017 lalu, Mark dan Priscilla Chan, istrinya, berada pada urutan ke-2 dalam daftar orang terkaya yang rajin memberikan sumbangan. Jumlah sumbangan mereka mencapai US$2 miliar. Tahun ini, mereka berada pada urutan ke-7 dengan jumlah sumbangan sebesar US$312,6 juta.

Jika diperhatikan baik-baik, jumlah sumbangan dari 50 orang penyumbang terbesar turun sebesar 50% dibandingkan dengan tahun lalu. Pada tahun 2017, jumlah sumbangan mencapai US14,7 miliar. Sementara pada tahun 2018, jumlah sumbangan “hanya” US$7,8 miliar.

Orang paling kaya sekaligus paling dermawan di dunia
Stephen Schwarzman (Foto: The Daily Beast)

“Beberapa miliuner tidak selalu masuk daftar Philanthropy 50 karena tidak rutin memberikan sumbangan dalam jumlah besar. Banyak juga yang namanya tidak mau disebut setelah memberikan sumbangan,” kata publikasi The Chronicle of Philanthropy yang dikutip CNN, Rabu (27/2).