fbpx
Berita

Resmi! Garuda Buka Penerbangan Jakarta-Tasikmalaya

Garuda Indonesia buka rute penerbangan Jakarta-Tasikmalaya
Garuda Indonesia (Foto: Istimewa)
146views

Pada akhir Februari lalu, Presiden Joko Widodo, meresmikan Bandara Wiriadinata Husein, Tasikmalaya, Jawa Barat. Pada acara peresmian itu, capres nomor urut 01 ini meminta Garuda untuk membuka rute penerbangan Jakarta-Tasikmalaya.

“Maret, saya minta Garuda. Saya akan perintah lagi. Ya, udah, tambah satu (penerbangan) karena kelihatannya pasarnya menghendaki itu,” katanya di Bandara Wiriadinata Husein, Rabu (27/2) lalu.

Sebelumnya, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, telah memberikan usul agar Bandara Wiriadinata Husein membuka penerbangan menuju Jakarta-Bandung-Tasikmalaya.

“Mungkin tadi sesuai usulan Pak Gub. Mungkin bisa aja yang satu lewat Bandung. Jakarta-Bandung-Tasik, Tasik-Bandung-Jakarta. Yang satu langsung,” katanya.

Garuda Indonesia buka rute penerbangan Jakarta-Tasikmalaya
Presiden Jokowi meresmikan Bandara Wiriadinata (Foto: detikcom)

Garuda Indonesia langsung merespon permintaan Jokowi. Mulai hari ini, Sabtu (2/3), Garuda secara resmi membuka rute penerbangan Halim-Tasikmalaya. Ini juga sekaligus menjadi pembukaan layanan perdana Garuda di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, dan Bandara Wiriadinata Husein, Tasikmalaya, Jawa Barat. Dalam seminggu, akan ada 3 kali penerbangan Jakarta (Halim Perdanakusuma)-Tasikmalaya (Wiriadinata Husein), yaitu Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan armada ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang.

“Sebagai National Flag Carrier, komitmen Garuda Indonesia dalam membuka rute penerbangan di kawasan wilayah ekonomi baru seperti Tasikmalaya ini diharapkan dapat mendorong geliat potensi ekonomi daerah melalui pengembangan pilar infrastruktur perekonomian daerah sekaligus membuka akses seluas-luasnya atas jaringan penerbangan nasional bagi masyarakat,” kata Ari Askhara, Direktur Utama Garuda Indonesia.

Baca :   Yusako Membawa 8 Seniman ke Luar Angkasa

Seperti diketahui, pasar penerbangan dari Tasikmalaya cukup besar. Dalam setahun, jumlah total penumpangnya mencapai 30.000 orang. Dengan dibukanya rute baru ini, Garuda Indonesia yakin bahwa jumlah wisatawan domestik dan mancanegara akan meningkat.

Garuda Indonesia buka rute penerbangan Jakarta-Tasikmalaya
(Foto: Istimewa)

“Kami optimistis dibukanya layanan penerbangan ini dapat memaksimalkan potensi kunjungan wisatawan dalam negeri pada tahun-tahun mendatang sekaligus memperkuat konektivitas antarkota dan wilayah dengan potensi pariwisata dan perekonomian yang menjanjikan di Jawa Barat, khususnya melalui kota Tasikmalaya,” ungkap Ari.

Pada hari ini, armada ATR 72-600 terbang dari Halim Perdanakusuma pada pukul 11.50 WIB dan tiba di Bandara Wiriadinata Husein pada pukul 12.50 WIB. Sementara itu, penerbangan dari Tasikmalaya terjadi pukul 14.00 WIB. Pesawat tiba di Jakarta pada pukul 15.00 WIB.