fbpx
Berita

Prabowo Klaim Menang 62%, BPN Tidak Tahu Ahli Statistik di Belakang Prabowo

Prabowo klaim menangi Pilpres 2019
Prabowo Subianto klaim menangi Pilpres 2019 (Foto: detikcom)
151views

Sejumlah lembaga survei yang kredibel melakukan penghitungan cepat (quick count) setelah pencoblosan di berbagai Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hasilnya adalah pasangan Jokowi-Amin unggul. Indo Barometer, misalnya, menunjukkan Jokowi-Amin unggul 54,32% atas Prabowo-Sandi yang meraih suara 45,68%.

Setelah mengetahui hasil hitung cepat, Jokowi langsung menggelar konferensi pers di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (17/4) malam. Dalam konferensi pers itu, Jokowi tidak mendeklarasikan kemenangan. Ia justru meminta masyarakat dan pendukungnya menunggu hasil penghitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Yang terjadi pada Prabowo justru sebaliknya. Dia mendeklarasikan kemenangannya berdasarkan real count timnya.

“Saya mau kasih update bahwa berdasarkan real count kita, kita sudah berada di posisi 62%. Ini adalah hasil real count. Dalam posisi lebih dari 300 ribu TPS. Sudah diyakinkan ahli-ahli statistik bahwa ini tidak akan berubah banyak,” katanya di depan kediamannya di Jl. Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/4) malam.

Prabowo klaim menangi Pilpres 2019
Prabowo memberikan pidato (Foto: Istimewa)

Dari hasil real count tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) itulah, Prabowo mengatakan bahwa ia sudah dan akan menjadi presiden.

“Saya akan jadi presiden seluruh rakyat Indonesia. Bagi saudara-saudara yang membela 01, tetap kau akan saya bela. Saya akan dan sudah menjadi Presiden Indonesia, Indonesia yang menang, Indonesia yang adil dan makmur. Indonesia yang disegani dunia, Indonesia yang tidak akan ada orang lapar lagi, Indonesia yang rakyatnya bisa senyum,” katanya. Pada akhir pidatonya itu, ia mengumandangkan tabkir dan bersujud syukur.

Baca :   Ini Hasil Elektabilitas Capres-Cawapres Terbaru dari 7 Lembaga Survei, Siapa paling Tinggi?

Seperti Prabowo, Juru Bicara BPN, Andre Rosiade, mengatakan bahwa angka 62% itu adalah hasil real count dari banyak TPS di seluruh Indonesia. Real count tersebut dilakukan di sekitar 800 ribu TPS. Namun, baru 61% yang selesai dihitung ketika Prabowo mengungkapkannya kepada publik.

“Suara Pak Prabowo mencapai 62% berdasarkan real count itu,” kata Andre.

Prabowo klaim menangi Pilpres 2019
Prabowo dan pendukungnya sujud syukur (Foto: Kompas)

Menariknya adalah Prabowo mengatakan bahwa ada ahli statistik yang meyakinkannya. Pertanyaannya adalah siapa ahli statistik yang meyakinkan Prabowo tentang angka 62% itu?

“Saya tidak tahu,” jawab Andre.

Ketika Prabowo mengungkapkan hasil real count itu, Andre tidak berada di lokasi. Dia mengaku mendapatkan informasi bahwa angka itu muncul dari hasil penghitungan C1 plano dari TPS. C1 plano adalah lembaran yang memuat hasil penghitungan suara.