fbpx
Berita

Prabowo Bilang Anggaran Bocor Rp500 T, Jokowi: Bawa Bukti dan Lapor KPK

Jokowi tantang Prabowo labor KPK tentang kebocoran anggaran Rp500 Triliun
Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto: Fotografer Kepresidenan via Kompas.com)
930views

Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut 02, mengatakan bahwa pembangunan yang digalakkan pemerintah seharusnya bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Namun, kenyataannya tidak demikian karena telah terjadi kebocoran anggaran yang tidak kecil jumlahnya.

“Dari Rp2.000 triliun (anggaran pemerintah), hampir Rp500 triliun yang bocor. Uang ini hilang,” katanya di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, seperti dilansir Tempo.co.

Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, mengaku tak tahu tentang tudingan yang dilemparkan Prabowo. Ia sendiri tak pernah mendengar ada kebocoran anggaran pemerintah sedemikian besarnya. Ia tidak tahu dari mana Prabowo mendapatkan data tentang kebocoran itu.

Jokowi tantang Prabowo labor KPK tentang kebocoran anggaran Rp500 Triliun
Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Foto: REUTERS)

“Saya tidak tahu. Itu perkiraan (dia) kali. Tapi, ya, sudahlah. Komentar politisi saya tidak bisa (tanggapi),” katanya di kantornya, Rabu (6/2) malam.

Setelah Darmin, giliran Presiden Joko Widodo yang menanggapi pernyataan Prabowo. Ia menantang lawannya itu untuk melaporkan klaim kebocoran anggaran mencapai Rp500 triliun kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Duitnya gede banget Rp500 triliun. Laporin ke KPK dengan bawa bukti-bukti dan bawa fakta-fakta. Jangan asal,” katanya usai menghadiri Perayaan Imlek Nasional 2019 di JI-EXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/2).

Baca :   Walaupun Sudah Menang Versi Hitung Cepat, Jokowi Tak Mau Tepuk Dada
Jokowi tantang Prabowo labor KPK tentang kebocoran anggaran Rp500 Triliun
Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Foto: Kompas.com)

Sebenarnya bukan baru kali ini Prabowo mengatakan bahwa telah terjadi kebocoran anggaran yang begitu besar. Pada tahun 2014 lalu, Prabowo sudah mengatakan hal yang sama. Ketika itu, katanya, terjadi kebocoran anggaran sebesar Rp7.200 triliun. Namun, pihaknya tidak melaporkannya kepada KPK. Saat ini, kebocoran anggaran disebut mencapai 25 persen alias Rp500 triliun.

“Kalau memang bocor sampai 25 persen, laporin aja ke KPK. Duit gede banget itu,” kata Jokowi.