fbpx
Berita

Pemerintah Kucurkan Rp90 Miliar untuk Bangun “Markas Avengers”

Dana Rp90 miliar untuk bangun "Markas Avengers" di Papua
Monumen Kapsul Waktu (Foto: Dok. Kementerian PUPR)
203views

Indonesia punya “Markas Avengers”. Sebuah bangunan dengan desain konstruksi yang mirip logo Avengers. Bangunan itu adalah Monumen Kapsul Waktu yang berisi mimpi dan harapan anak-anak Indonesia akan Indonesia 70 tahun mendatang. Mimpi dan harapan itu akan dibawa secara estafet mulai dari Aceh ke seluruh provinsi dan berakhir di Kabupaten Merauke, Papua.

Monumen itu terletak di Kabupaten Merauke, Papua. Berdiri persis di depan Kantor Bupati Merauke; tidak jauh dari Bandara Mopah. Luasnya mencapai 2,5 ha: 1 ha area monumen dan 1,5 ha digunakan sebagai alun-alun.

Dana Rp90 miliar untuk bangun "Markas Avengers" di Papua
Proses pembangunan Monumen Kapsul Waktu (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Data Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) menunjukkan bahwa pembangunan monumen itu merupakan paket kontrak tahun jamak yang dimulai sejak 2016. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun monumen itu mencapai Rp89,9 miliar. Biaya itu diambil dari pagu anggaran Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Pembangunan dibagi ke dalam 2 tahap. Tahap I berupa pembangunan pondasi yang menelan anggaran hingga Rp7 miliar. Pembangunan tahap II dilakukan sejak Juli 2017 lalu dengan biaya konstruksi sebesar Rp82,9 miliar.

Baca :   Dengan Rompi Tahanan KPK, Romy: Saya Merasa Dijebak
Dana Rp90 miliar untuk bangun "Markas Avengers" di Papua
Kapsul Waktu (Foto: CNN Indonesia)

Kontraktor pembangunan Monumen Kapsul Waktu ini adalah PT Nindya Karya (Persero). Dibangun berdasarkan desain yang dibuat oleh Yori Antar, salah satu arsitek kenamaan Indonesia.

Di monumen yang mempunyai lebar 17 m, tinggi 8 m, dan panjang 45 m ini akan terdapat relief yang menceritakan perjalanan napak tilas Indonesia. Monumen ini diharapkan menjadi landmark baru Kabupaten Merauke yang dapat mendongkrak kunjungan wisatawan domestik ke daerah-daerah perbatasan.

Dana Rp90 miliar untuk bangun "Markas Avengers" di Papua
Ekspedisi Kapsul Waktu (Foto: Tribunnews)

“Karena itu, ini ditaruh di ujung timur yang tiap hari matahari memancar bagai mata yang menggambarkan pembangunan Indonesia,” kata Frederikus Gebze, Bupati Merauke, seperti dilansir detikcom.