fbpx
Berita

Pelaku Teror di Masjid di New Zealand Dijerat dengan Dakwaan Pembunuhan

Pelaku terror di New Zealand didakwa melakukan pembunuhan
Brenton Tarrant dihadapkan dalam persidangan (Foto: REUTERS)
105views

Brenton Tarrant ditangkap sekitar 36 menit usai laporan aksi teror diterima polisi Selandia Baru pada Jumat (15/3) waktu setempat. Jika polisi tidak bergerak cepat, semakin banyak korban yang berjatuhan. Pasalnya, dia diyakini masih akan melakukan aksi kejinya itu.

“Pelaku terus bergerak. Ada dua senapan lainnya di dalam kendaraan yang dipakai pelaku dan jelas menjadi niat pelaku untuk melanjutkan serangannya,” ungkap Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, dalam konferensi pers, Sabtu (16/3).

Polisi menangkap Tarrant dan tiga orang lainnya. Salah seorang di antaranya adalah perempuan. Dari empat orang itu, salah satu di antaranya kemudian dibebaskan.

Pelaku terror di New Zealand didakwa melakukan pembunuhan
Jacinda Ardem, Perdana Menteri New Zealand (Foto: AFP)

Tarrant dihadirkan dalam sidang, Sabtu (16/3) lalu. Dia didakwa melakukan pembunuhan di 2 masjid di pusat kota Christchurch, yaitu Masjid Al Noor dan Masjid Linwood. Dari aksinya yang kejam selama 36 menit itu, dia menghilangkan nyawa 49 orang dan membuat 48 orang menderita luka-luka.

Baca :   Dengan Mata Berkaca-kaca, Jokowi Bilang: Zohri Orang Besar

Dakwaan lanjutan diperkirakan akan diajukan kepada Tarrant. Dia akan akan mendekam di dalam tahanan tanpa dapat mengajukan banding. Dia akan kembali dihadirkan dalam sidang pada 5 April mendatang.