fbpx
Berita

Menjadi Kaki Tangan Bandar, Zul “Zivilia” Terancam Hukuman Mati

Zul "Zivilia" terancam hukuman mati
Zul "Zivilia" (Foto: Liputan6.com)
169views

Pada akhir Februari lalu, Kamis (28/2), Zul “Zivilia” ditangkap polisi di Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bersamanya ditangkap juga Rian dan dua orang lainnya. Dari mereka, polisi menyita 9,5 kg sabu dan puluhan ribu ekstasi.

Hukuman untuk Zul tidaklah ringan. Lelaki bernama lengkap Zulkifli itu terancam hukuman mati. Pasalnya, ia tidak hanya berperan sebagai pengedar, tetapi juga menjadi kaki tangan bandar narkoba.

“Ya, sudah pasti (kaki tangan bandar). Dia kan satu kelompok di jaringan itu. Bosnya dia si Rian itu,” kata AKBP Iqbal Simatupang, Kasubdit 3 Ditnarkoba Polda Metro Jaya, seperti dilansir detikcom, Minggu (10/3).

Zul "Zivilia" terancam hukuman mati
Zul dan para tahanan lainnya (Foto: Istimewa)

Zul berada di dalam lingkaran jaringan pengedaran narkoba karena pengaruh Rian. Ia merasa berutang budi kepada Rian, sehingga mau ikut mengedarkan narkotika.

Baca :   Jokowi: Masukan dari Prabowo-Sandi Menjadi Bahan Perbaikan

“Ya, alasannya utang budi karena pernah dipinjami uang. Kemudian dibujuk rayu. Akhirnya ikut dalam jaringan itu. Lama-lama jadi pemain dia,” jelasnya.

Di atas Rian ada bandar besar. Bandar ini mengendalikan tiga kelompok lain selain kelompok Rian.

“Jadi, jaringan Zul ini ada tiga jaringan lagi. Satu lagi di Jakarta dan dua di Palembang. Nah, empat kelompok ini bandarnya ada satu. Kami tidak bisa menyebutkan identitasnya, karena masih kami kejar,” ungkapnya.