fbpx
Berita

Maskapai yang Tak Pernah Mengalami Kecelakaan Fatal (2)

Maskapai yang tidak pernah mengalami kecelakaan fatal
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
232views

Tidak bisa disangkal bahwa berbagai insiden jatuhnya pesawat itu membuat banyak orang takut naik pesawat. Apalagi dalam tahun 2018 ini saja terjadi 9 kecelakaan pesawat. Orang-orang mulai meragukan keamanan dan kenyamanan moda transportasi ini.

Benarkah bepergian dengan pesawat tidak lagi aman? Fakta menunjukkan bahwa ada banyak pesawat yang hampir tidak pernah mengalami kecelakaan fatal dalam sejarah penerbangannya. Berikut ini beberapa di antaranya:

British Airways

Maskapai yang tidak pernah mengalami kecelakaan fatal
(Foto: Brads Deals)

Sejak tahun 1985 silam, British Airways tidak pernah mengalami kecelakaan fatal. Satu-satunya kejadian yang hampir fatal terjadi pada tahun 2008 ketika terjadi kegagalan mesin. Namun, Kapten Pilot John Coward berhasil mengendalikan pesawat dan membuat pendaratan darurat meskipun mesin pesawat mati. Atas aksi heroiknya, John Coward diganjar penghargaan Hall of Fame Aviation.

Emirates

Maskapai yang tidak pernah mengalami kecelakaan fatal
(Foto: Gulf News)

Maskapai asal Dubai ini tidak pernah mengalami kecelakaan fatal sejak mulai terbang pada tahun 1985 silam. Satu-satunya peristiwa yang menodai catatan Emirates adalah ketika Boeing 777 dengan nomor penerbangan EK521 harus mengalami crash landing di Bandara International Dubai pada tahun 2016 lalu. Pesawat itu terbakar dan meledak setelah semua penumpang berhasil dievakuasi.

Etihad

Maskapai yang tidak pernah mengalami kecelakaan fatal
(Foto: Business Traveller)

Maskapai dari Abu Dhabi ini terbang sejak 2003 lalu. Keselamatan penumpang adalah fokus mereka. Maskapai ini hanya pernah mengalami satu insiden di Bandara Touluse, Prancis. Ketika itu, pesawat Airbus A340-600 menabrak dinding beton hingga mencederai 9 orang dan membuat 4 orang mengalami luka serius. Pesawat ini diketahui sedang berada dalam pemeriksaan, tapi tiba-tiba melaju kencang tanpa bisa direm.

Baca :   Jokowi: Stop Uninstall Bukalapak

Qatar Airways

Maskapai yang tidak pernah mengalami kecelakaan fatal
Qatar (Foto: The Travel Expert)

Qatar Airways juga masuk dalam daftar maskapai yang aman dari kecelakaan fatal. Maskapai ini hanya pernah mengalami 2 insiden pesawat terbakar. Namun, tidak ada korban jiwa karena ketika itu pesawat sedang berada di dalam hangar di Bandara Internasional Hamad, Qatar. Sejak saat itu, tidak ada lagi kecelakaan nahas yang dialami Qatar Airways.

JetBlue

Maskapai yang tidak pernah mengalami kecelakaan fatal
(Foto: Wikipedia)

Maskapai dari Amerika ini tercatat tidak mengalami kecelakaan serius selama lebih dari 16 tahun perjalanannya dalam dunia penerbangan. Hanya ada 2 insiden yang terjadi. Yang pertama terjadi pada 21 September 2015. Airbus A320-200 itu sejatinya terbang dari California ke New York. Namun, Kapten Scott Burke harus melakukan pendaratan darurat karena ada masalah pada roda depan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Insiden kedua terjadi Airbus A320-232 pada 27 Maret 2012. Ketika itu, Kapten Clayton Osben dicurigai mengalami gangguan mental karena meracau tentang terorisme. Ia diajak keluar dari kokpit oleh seorang petugas dan diikat di kursi penumpang oleh petugas lainnya.