fbpx
Berita

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Ditangkap KPK

Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum PPP , ditangkap KPK
Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum PPP (Foto: Instagram)
84views

Jumat (15/3) pagi tadi, sekitar pukul 09.00 WIB, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap 6 orang di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Jalan Raya Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Salah satu dari enam orang yang diamankan KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) itu adalah Muhammad Romahurmuziy, yang biasa dipanggil Romy, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan.

Dalam OTT itu, KPK mengamankan barang bukti berupa sejumlah uang. Menurut Agus Rahardjo, Ketua KPK, uang yang disita dalam operasi itu tidaklah banyak.

“Uangnya tidak banyak, tapi saya belum terima laporan lengkap. Yang perlu dicatat, ini bukan pemberian yang pertama karena sebelumnya juga yang bersangkutan pernah memberikan,” katanya di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/3) siang.

Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum PPP , ditangkap KPK
Ilustrasi OTT (Foto: TEMPO)

Selain Romy, yang tidak lain merupakan penyelenggara negara karena menjabat sebagai Ketua Fraksi PPP sekaligus anggota Komisi XI DPR, terdapat 3 orang pejabat Kementerian Agama, 1 staf penyelenggara negara, dan 1 orang dari pihak swasta yang ditangkap KPK. Sebelum diterbangkan ke Jakarta, Romy menjalani pemeriksaan awal di Kepolisian Daerah Jawa Timur. Uang yang disita KPK itu terkait dengan promosi jabatan.

Baca :   Ini Alasan Ani Yudhoyono Sengaja Dibuat Tidur Sebelum Meninggal

“Terkait dengan suap untuk menjabat tertentu kemudian yang bersangkutan menerima suap,” kata Agus.

Sekitar pukul 20.00 WIB, Romy tiba di gedung KPK. Ia mengenakan jaket hitam, topi hitam, dan masker. Ia berjalan menunduk ketika tiba di kantor KPK dan enggan memperlihatkan wajahnya, apalagi berbicara dengan media. Ia bahkan terlihat sempat linglung ketika diarahkan ke pintu KPK. Ia akan menjalani pemeriksaan lanjutan pada keesokan harinya.

Muhammad Romahurmuziy, Ketua Umum PPP , ditangkap KPK
Romy tiba di KPK (Foto: ANTARA FOTO)

Sekitar 4 menit kemudian, 5 orang lain yang ditangkap KPK bersama Romy tiba di KPK.  Mereka juga memakai masker.

Febri Diansyah, juru bicara KPK, mengatakan bahwa uang yang disita merupakan bagian dari transaksi jual beli jabatan di Kementerian Agama, baik di pusat maupun di daerah.

“KPK mengamankan beberapa orang setelah diduga terjadi transaksi yang kesekian kalinya,” kata Febri.