fbpx
Berita

Ketika “McJesus” dan “Ken Jesus Christ” Memicu Kemarahan Umat Kristen di Israel

McJesus dan Ken Jesus Christ diprotes umat Kristen Arab di Israel
McJesus, karya seniman Finlandia (Foto: AP Photo)
155views

Ratusan umat Kristen di Israel menggelar protes di luar Haifa Museum of Art, Haifa, Israel, pekan lalu. Dilansir dari The Sydney Morning Herald, umat Kristen menuntut dicopotnya sebuah karya seni yang dinilai melecehkan agama Kristen. Karya seni itu adalah maskot restoran cepat saji, Ronald McDonald, yang disalib seperti Yesus.

Karya seni yang diberi nama “McJesus” itu dibuat oleh Jani Leinonen, seorang seniman Kristen dari Finlandia. Karya itu dipamerkan bersama karya seni lain berupa boneka Ken yang sedang tersenyum. Boneka itu diberi nama “Ken Jesus Christ”.

McJesus dan Ken Jesus Christ diprotes umat Kristen Arab di Israel
(Foto: AP Photo)

Menurut juru bicara museum, kedua karya seni itu adalah bagian dari pameran Sacred Goods. Kedua karya seni itu dibuat untuk mengkritik pola pemahaman agama dan keyakinan dalam budaya konsumerisme. Pameran itu sudah berlangsung sejak Agustus tahun lalu. Namun, baru pekan lalu umat Kristen Arab melakukan protes.

Jumat (11/1) lalu, ratusan umat Kristen melakukan unjuk rasa di depan museum. Salah seorang demonstran bahkan bermalam di depan museum. Dia membawa spanduk dengan tulisan “Hormati Agama”.

Dalam unjuk rasa itu, tiga orang polisi mengalami luka-luka setelah dilempari dengan batu oleh para demonstran. Para demonstran juga melempar 2 bom molotov.

Baca :   Zul “Zivilia” Terancam Hukuman Mati, Istri: “Allah sayang sama kita, Pah”

Untuk mencari jalan keluar, pihak museum menggelar pertemuan dengan para pemimpin komunitas Kristen. Dari pertemuan itu, pihak museum berjanji memasang papan peringatan yang berbunyi “konten ofensif” di depan pintu masuk pameran. Namun, solusi itu tidak memuaskan para pemimpin komunitas Kristen setempat.

McJesus dan Ken Jesus Christ diprotes umat Kristen Arab di Israel
Ken Jesus Christ (Foto: sbs.com.au)

Umat Kristen langsung mengajukan petisi kepada pengadilan distrik Haifa agar memerintahkan kepada pihak museum dan otoritas setempat untuk mencopot “McJesus” dan “Ken Jesus Christ”. 

“Ini sangat ofensif dan saya tidak menganggap ini sebagai seni. Kami akan terus melakukan aksi damai dan aksi penyalaan lilin. Kami tidak akan diam hingga kami mencapai solusi,” tegas Amir Ballan, seorang seniman lokal Haifa dan seorang nasrani yang taat.