fbpx
Berita

Gereja Notre Dame Terbakar, Prancis dan Dunia Berduka

Gereja Katedral Notre Dame di Paris terbakar
Katedral Notre Dame terbakar (Foto: REUTERS)
36views

Dunia pada umumnya dan Prancis pada khususnya sedang berduka. Gereja Katedral Notre Dame, yang berdiri megah di tengah Paris, terbakar pada Senin (15/4) sore waktu setempat. Dua menara gereja yang dibangun pada tahun 1163, pada masa kekuasaan Louis VII, itu dilalap api.

Belum diketahui secara pasti mengapa gereja dengan arsitektur gotik yang dibangun oleh Paus Alexander III itu bisa terbakar. Namun, diduga kuat bahwa kebakaran itu, seperti dilansir CNN, terjadi karena ada pekerjaan konstruksi di gereja itu. Asap mengepul dari bagian atas katedral yang direnovasi besar-besaran pada tahun 1845 itu. Api lalu menjalar ke samping dua menara lonceng.

Ketika puncak menara Notre Dame rubuh, warga Paris dan turis yang sedang berkunjung diam. Kerongkongan mereka seperti tercekak. Ikon Prancis dan Paris itu rubuh di depan mata mereka. Mereka berpelukan dan menangis. Sebagian dari mereka menyanyikan lagu gereja dan berdoa.

Gereja Katedral Notre Dame di Paris terbakar
(Foto: REUTERS)

“Ini tak mungkin terjadi. Jangan Notre Dame. Jangan Notre Dame,” desah seorang perempuan.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, sangat sedih ketika mendengar berita itu. Sejumlah agenda kerjanya langsung ia batalkan.

“Saya sangat bersedih atas peristiwa ini. Ini kebakaran yang menyedihkan untuk kita semua,” tulisnya melalui akun Twitter-nya.

Untuk memadamkan api, otoritas Kota Paris mengerahkan 400 orang petugas dan 18 unit mobil pemadam kebakaran. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

Gereja Katedral Notre Dame di Paris terbakar
Presiden Prancis, Emmanuel Macron (Foto: REUTERS)

“Apa yang terjadi di Paris dan Katedral Notre Dame malam ini adalah sebuah tragedi yang sangat buruk. Kami akan membangun kembali katedral ini bersama-sama. Tak perlu diragukan lagi ini adalah bagian dari takdir Prancis dan proyek yang akan kita emban selama tahun-tahun mendatang,” katanya sambil berlinangan air mata.

Baca :   Jawab Prabowo tentang Kebocoran APBN, JK: Hitung-hitungannya Keliru

Dunia Terluka
Tidak hanya Prancis yang berduka. Dunia pun terluka. Pasalnya, Notre Dame adalah warisan sejarah yang adiluhung. Gereja yang selamat dari kecamuk Perang Dunia II itu dianggap sebagai salah satu permata peradaban manusia pada abad pertengahan.

Katedral Notre Dame sudah dimasukkan ke dalam situs warisan dunia oleh UNESCO. Arsitekturnya yang megah menjadi magnet bagi para wisatawan dari berbagai belahan dunia. Setiap tahun, menurut catatan sejarah, lebih dari 13 juta wisatawan yang mengunjungi gereja ini. Oleh karena itu, kebakaran ini benar-benar melukai hati dunia.

Gereja Katedral Notre Dame di Paris terbakar
Warga Prancis beflutet dan berdoa di jalan (Foto: REUTERS)

Rakyat Jerman, kata Angela Merkel, Kanselir Jerman, juga jatuh dalam kesedihan yang mendalam. Demikian juga Amerika. Dilansir bbc.com, Donald Trump, Presiden Amerika Serikat, tak bisa menutupi kesedihannya ketika mendengar berita itu.

Perdana Menteri Inggris, Theresa May, juga mengungkapkan mengatakan bela sungkawanya. Dia mengatakan bahwa Inggris berduka bersama Prancis.

“Pikiranku bersama rakyat Prancis malam ini,” tulisnya melalui akun Twitter-nya.