fbpx
Berita

Fakta-Fakta tentang Kanker Darah yang Merenggut Nyawa Ani Yudhoyono

Ani Yudhoyono dan SBY (Foto: Instagram/@aniyudhoyono)
85views

Indonesia berduka. Indonesia kehilangan salah satu putri terbaiknya. Hj. Kristiani Herrawati atau yang akrab dipanggil Ani Yudhoyono meninggal dunia, Sabtu (1/6).

Istri dari mantan presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, itu meninggal dunia di National University Hospital, Singapura. Dia menghembuskan napas terakhirnya setelah berjuang melawan penyakit kanker darah sejak Februari lalu. Dia meninggal dunia pada usia 66 tahun pada pukul 11.50 waktu Singapura.

Berikut ini beberapa fakta seputar kanker darah yang telah merenggut nyawa Ani Yudhoyono dan banyak penderita lainnya:

Tidak ada tingkatan atau stadium
Jika pada kanker lainnya ada tingkatan stadium berdasarkan luas dan penyebaran tumor, pada kanker darah tidak. Kanker darah, termasuk leukemia, adalah penyakit yang tidak mengenal istilah stadium seperti halnya pada jaringan padat. Penggolongannya berdasarkan risikonya: standard-risk, high-risk, dan very high-risk.

Lebih banyak menyerang anak
Leukemia memang bisa menyerang siapa saja. Namun, statistik menunjukkan bahwa penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak dan orang tua. Data dari Kementerian Kesehatan RI mencatat bahwa hampir sekitar 60% kasus kanker pada anak-anak adalah leukemia. Pada orang tua, leukemia yang banyak menyerang adalah leukemia akut.

Belum ada screening
Pada beberapa kanker, deteksi dini seperti mammogram pada kanker payudara dan kolonoskopi pada kanker kolorektal sangat membantu tenaga medis untuk melakukan pencegahan sejak dini. Dan saat ini, para ilmuwan sedang mencari cara untuk mencegah atau mendeteksi semua jenis kanker pada tahap awal. Namun, hingga saat ini, belum ada screening yang cukup efektif terhadap kanker darah. Itulah mengapa para penderitanya tidak tahu sampai ketika mereka mulai mengalami gejalanya.

Baca :   Ratna Sarumpaet Segera Jalani Sidang Kasus Hoax Penganiayaan

Ada beberapa jenis
Sebenarnya ada beberapa subjenis kanker darah:

  • Acute lymphoblastic leukemia (ALL). Jenis ini terjadi ketika sel darah putih abnormal terbentuk dan menyebar di sumsum tulang dengan cepat. 
  • Chronic lymphocytic leukemia (CLL). Jenis ini butuh bertahun-tahun untuk menyebar.
  • Acute myeloid leukemia (AML). Jenis ini terjadi ketika sel darah putih, merah, dan platelet abnormal menyebar dengan cepat.
  • Chronic myeloid leukemia (CML). Pada awalnya, jenis ini tumbuh dengan lambat, mempengaruhi sel sumsum tulang yang memproduksi darah, dan kemudian menyebar ke darah itu sendiri.