fbpx
Berita

Cerita dari Malam Pergantian Tahun: Menikmati Pesona 90-an

Malam tahun baru 2019
Penampilan Potret pada malam pergantian tahun (Foto: Istimewa)
105views

Hujan deras mengguyur wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada malam pergantian tahun. Meski demikian, pengunjung tetap berdatangan ke kawasan Summarecon Mall Kelapa Gading untuk menikmati malam pergantian tahun baru. Pagelaran musik yang diselenggarakan di sana tetap berjalan meriah. Sebagian terlihat tetap bertahan meski hujan menguyur. Ada juga yang terpaksa berteduh di bawah tenda.

Malam itu, Summarecon Mall Kelapa Gading menyelenggarakan pertunjukkan spesial bertema “90’s Explosion Comes Together” # throwbackto90s di area L5, La Piazza. Banyak acara menarik yang digelar seperti artist performanceDJ performance, dance performance, dan ditutup dengan pertunjukan spektakuler fireworks.

Suasananya meriah. Hujan tak mengendurkan antusiasme pengunjung malam itu. Suasana 90-an begitu kental. LED dance floor serta dekorasi berupa video mapping dengan musik 90-an menggugah kembali kenangan tempo dulu. Apalagi puncak acara dimeriahkan oleh band yang telah berkiprah sejak tahun 1995.

Malam tahun baru 2019
Personel Potret (Foto: Istimewa)

Bagi yang besar pada era 90-an, lagu berjudul “Mak Comblang” pasti sudah tidak asing lagi. Lagu ini merupakan salah satu hit single dari grup band Potret yang beranggotakan Melly Goeslaw (vokal), Anto Hoed (bass), Aksan Sjuman (drum, menggantikan Arie Ayunir), Nikita Dompas (gitar) dan Merry Kasiman (keyboard, piano). Sebelum penampilan Potret, pengunjung lebih dulu dihibur oleh Lunar Band dan Nubica. Mereka juga membawakan lagu-lagu yang hits pada era 90-an.

Malam kian larut. Namun, semangat para penonton tidak surut. Tepat ketika personel Potret naik panggung, hujan
turun perlahan. Mendengar Potret akan tampil, penonton yang tadinya berteduh mulai memadati arena panggung. Tak dapat dipungkiri, kehadiran Potret pada era 90-an dengan lagu-lagu yang kebanyakan up beat selalu dinantikan para remaja zaman itu.

Begitu masuk stage, Potret langsung membawakan tembang berjudul ‘Kemarin’, yang kemudian disusul lagu berjudul ‘Ingin Dicium’. Memasuki lagu ketiga, istri dari Anto Hoed ini mulai berinteraksi dengan para penonton.

Malam tahun baru 2019
(Foto; Istimewa)

“Alhamdulillah, kita hari ini bisa berkumpul semua di sini, di Mall Kelapa Gading, dalam rangka melepas 2018 dan
menyambut 2019,” kata Melly dari atas panggung yang langsung menggebrak dengan lagu ‘Musim Putus’.

Semua penonton berjingkrak dan berseru mengikuti alunan musik upbeat yang dibawakan Potret. Meskipun usianya tak muda lagi, Melly tak mau kalah dengan penonton. Dalam membawakan lagu-lagunya, perempuan berumur 44 tahun itu terlihat semangat. “Beginilah, usia udah menginjak kepala empat, lirik jadi suka lupa,” ucap Melly seraya tersenyum.

Baca :   Wow, Biaya Pernikahan Remaja Rusia Mencapai Rp22 Miliar

Malam itu, ia mengenakan pakaian nyentrik berwarna oranye dan memakai tutup kepala terbuat dari tali rafia, senada dengan warna pakaiannya. Melly kemudian membuka jaket tebalnya sebelum membawakan lagu ‘Diam’, yang langsung disambar dengan lagu milik Tetty Kadi berjudul ‘Pergi ke Bulan’. Lagu berikutnya yang dibawakan oleh Melly adalah lagu milik Chrisye berjudul ‘Anak Sekolah’.

Malam tahun baru 2019
Detik-detik menjelang pergantian tahun (Foto: malkelapagading.com)

Saat Potret sedang membawakan lagu ‘Galih dan Ratna’, venue konser kembali diguyur hujan cukup deras. Kendati demikian, Melly tetap bersemangat, begitu juga dengan penonton yang turut bernyanyi bersama. Bahkan mereka bersorak dan bertepuk tangan.

Suasana kemudian berganti syahdu saat Melly mulai menyanyikan lagu ‘Bunda’, lagu yang tak lekang oleh zaman. Hampir semua orang hafal lagu yang membuat mereka mengenang kembali sosok dan perjuangan seorang ibu. Apalagi, malam itu, Melly bernyanyi dengan penuh penghayatan. Efeknya, seorang remaja putri terlihat menangis dalam pelukan ibunya. Sembari mengusap rambut anaknya, ibu berperawakan besar itu turut melantunkan lagu yang kerap dinyanyikan setiap tanggal 22 Desember tersebut.

Tak mau membuat penonton larut dalam kesedihan, suasana yang tadinya sendu kembali menjadi ceria setelah Melly membawakan lagu-lagu Potret yang bertempo cepat. “Kita semakin mendekati tahun baru 2019. Kita nyanyi yang ceria lagi,” seru Melly. Lagu-lagu yang dinyanyikan adalah ‘Mak Comblang’, ‘Bagaikan Langit’, ‘Salah’.

Malam tahun baru 2019
Pesta kembang api (Foto: malkelapagading.com)

Malam pergantian tahun menyisakan beberapa menit lagi, Potret pun tiba pada penghujung penampilannya. Mereka
memilih lagu ‘I Just Wanna Say I Love You’ yang merupakan original soundtrack dari film ‘Chika’ yang rilis tahun 2008, sebagai penutup gelaran “90’s Explosion Comes Together” #throwbackto90s. “Terima kasih semuanya. I love you so much. Happy new year,” tutup Melly.

Hitungan mundur pun dimulai. Pada detik ke-1, kembang api mulai ditembakkan, pandangan penonton dan pengunjung Summarecon Mall Kelapa Gading tertuju ke langit. Gemerlap kembang api terlihat di angkasa. Kelap-kelip dalam gelapnya malam yang diiringi turunnya hujan. Menutup pergantian malam tahun baru yang meriah menuju awal bulan Januari yang indah.