fbpx
Berita

Bila Ratna Sarumpaet Tak Jujur, Propaganda Firehose of Falsehood Sempurna

Hoax Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet (Foto: ANTARA FOTO)
245views

Keberanian Ratna Sarumpaet untuk mengatakan yang sebenarnya mendapat pujian dari Jokowi. Ratna mengakui bahwa dia berbohong tentang penganiayaan itu. Yang sebenarnya terjadi adalah dia menjalani operasi plastik.

Sikap Ratna itu dipuji Jokowi. Menurut Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, kejujuran Ratna telah menghancurkan propaganda firehose of falsehood.

“Kalau pada saat itu Ratna Sarumpaet tidak bicara jujur, maka propaganda firehose of falsehood bisa diterapkan secara sempurna. Dalam metode itu, memang tidak diperlukan upaya fact checking. Pokoknya, kalau ada kesempatan, maka kejadian yang dianggap menguntungkan secara politik disemburkan begitu saja secara besar-besaran,” kata Ace Hasan Syadzily, Juru Bicara TKN, Selasa (5/2), seperti dilansir detikcom.

Jika Ratna Sarumpaet tidak berani mengatakan apa yang terjadi sebenarnya, sambungnya, propaganda tentang rezim yang berkuasa pasti akan semakin kencang.

Hoax Ratna Sarumpaet
Ilustrasi hoax (Foto: detikcom)

“Itulah sebabnya tanpa fact checking, Prabowo dan kubu 02 ramai-ramai konferensi pers. Jadi, poinnya bukan semata-mata tidak ada fact checking, tapi pada upaya menggunakan kasus ini sebagai bagian dari propaganda firehose of falsehood,” jelasnya.

Baca :   Ratna Sarumpaet Segera Jalani Sidang Kasus Hoax Penganiayaan

Sabtu (2/2) lalu, dalam acara Deklarasi Forum Alumni Jawa Timur di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Jokowi memuji sikap Ratna Sarumpaet. Capres petahan itu kembali memuji Ratna ketika berada di Semarang, Jawa Tengah.

“Jangan sampai ada ngomong lagi muka lebam-lebam dipukuli dan dianiaya, padahal operasi plastik. Dipikir masyarakat itu nggak ngerti. Masyarakat kita sekarang ini cerdas-cerdas, pintar-pintar. Apalagi yang ada di hadapan saya ini para intelektual,” kata Jokowi.