fbpx
Berita

Bantah Prabowo, Jokowi: TNI Nomor Satu di Asean

Kekuatan militer Indonesia di Asia dan Dunia
Atraksi Kopassus (Foto: Istimewa)
90views

Dalam debat keempat pilpres, Sabtu (30/3) malam, berkali-kali Prabowo menyinggung kekuatan TNI. Mantan Danjen Kopassus itu mempertanyakan kekuatan alat utama sistem senjata (alutsista) TNI: berapa kapal selam yang dimiliki TNI, apa jenisnya, dan bagaimana kemampuannya, berapa pesawat tempur dan berapa banyak peluru kendalinya.

“Kalau ada armada asing masuk ke luat kita, apa yang bisa kita buat? Jadi, bukan saya tidak percaya. Saya ini TNI, Pak. Saya pertaruhkan nyawa di TNI. Saya lebih TNI dari banyak TNI,” katanya.

Berbeda dengan Prabowo, Jokowi percaya pada kekuatan TNI. Dalam kampanye akbar di Lapangan Karebosi, Makassar, Minggu (31/3), Jokowi menegaskan bahwa TNI adalah angkatan bersenjata dengan kekuatan nomor satu di kawasan Asia Tenggara.

Kekuatan militer Indonesia di Asia dan Dunia
(Foto: Istimewa)

“Kekuatan TNI kita nomor satu di Asean. Jangan sampai ada yang meremehkan TNI kita. Setuju enggak? Yang setuju tunjuk jari,” katanya.

Jokowi memang tidak menjelaskan secara rinci kekuatan TNI dalam debat semalam. Namun, ia percaya bahwa TNI masih tetap yang terbaik di kawasan Asean.

“Ini perlu saya sampaikan. Karena di debat semalam saya sudah sampaikan, saya percaya seratus persen dengan TNI kita,” katanya.

Baca :   Inilah Srikandi Penakluk Selat Sunda
Kekuatan militer Indonesia di Asia dan Dunia
(Foto: Istimewa)

Sementara di tingkat Asia, TNI tercatat sebagai yang terkuat ke-5. Di tingkat dunia, TNI berada pada peringkat 15.

“Jadi, sekali lagi jangan ada yang meremehkan TNI kita. Setuju enggak?” katanya disambut dengan teriakan ‘setuju’ dari massa yang hadir.

Jokowi tidak salah memaparkan fakta itu. Berdasarkan hasil survei Global Firepower (GFP), Indonesia berada di peringkat 15 sebagai negara dengan kekuatan militer terbaik di dunia. PowerIndex (Pwrindx) Indonesia berada di level 0,2804. Jika indeks mendekati 0, berarti kekuatan militer suatu negara semakin bagus. Dan negara dengan kekuatan militer terbaik dunia adalah Amerika Serikat dengan PwrIndx 0,0615.