Mode

Bergaya seperti Jokowi dengan 7 Sneaker Keren Ini

Bergaya seperti Jokowi dengan sneaker keren
Presiden Jokowi (Foto: Foto; Biro Pers Presiden via kompas.com)
136views
Waktu baca : 4 menit

Presiden Jokowi mencuri perhatian dengan penampilannya. Ia punya gaya yang khas: kemeja putih lengan panjang digulung, celana bahan hitam, dan sneaker. Pada lain kesempatan, ia mengenakan kaos lengan panjang, celana jin hitam, dan sneaker. Sebuah gaya yang sederhana, tapi sarat makna.

Gayanya menjadi buah bibir masyarakat. Ada yang tidak suka dan mengkritiknya. Namun, anak-anak muda lebih senang melihatnya tampil dengan gaya seperti itu. Ia adalah kepala negara dengan gaya dandanan yang benar-benar berbeda. Lebih sporty. Lebih segar. Lebih kekinian.

Dari dandanan seperti itu, salah satu item yang menjadi pusat perhatian orang banyak adalah alas kakinya. Orang nomor satu di tanah air ini tidak mengenakan sepatu pantofel hitam. Ia justru lebih sering memakai sneaker.

Nike LunarEpic Low Flyknit 2

Bergaya seperti Jokowi dengan sneaker keren
(Foto: Fabian Januarius Kuwado via kompas.com)

Pada awal Juni tahun lalu, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Tasikmalaya, Jawa Barat. Penampilannya menjadi sorotan. Pasalnya, ketika itu, ia mengenakan kemeja putih, jin biru, dan sneaker Nike LunarEpic Low Flyknit 2.

Sneaker berwarna dominan abu-abu itu dipilih oleh istrinya, Iriana, dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Sepatu ini dilengkapi teknologi flywire, sehingga melekat pada kaki dengan sempurna. Itulah mengapa Jokowi terlihat lebih nyaman bergerak dengan sneaker ini daripada dengan pantofel ketika melakukan kunjungan kerja.

Vans Metallica

Bergaya seperti Jokowi dengan sneaker keren
(Foto: Biro Pers Presiden via kompas.com)

Bukan lagi rahasia bahwa Jokowi adalah penggemar berat Metallica. Ia punya kaos bergambar band heavy metal asal Los Angeles, Amerika, itu. Ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, ia ikut menonton konser band itu. Ia juga mendapat hadiah gitar bass merek Ibanez dari Roberto Trujilo, basis Metallica.

Ternyata mantan wali kota Solo itu juga punya koleksi lain yang berhubungan dengan Metallica: Vans Sk8-Hi Reissue Metallica. Sneakers edisi terbatas seharga Rp2,4 juta itu menjadi buruan dua kelompok sekaligus: para pencinta Vans dan penggemar Metallica. Jokowi memakai sneaker ini ketika touring dengan sepeda motor Chopperland di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, pada awal April lalu.

Adidas Yeezy 350 Beluga v2

Bergaya seperti Jokowi dengan sneaker keren
(Foto: DPP Partai Golkar via Kompas.com)

Koleksi sneaker Jokowi lainnya adalah Yeezy 350 Beluga v2 yang berharga di atas Rp5 juta itu. Sneakers yang merupakan hasil kolaborasi Adidas dan Kanye West, rapper terkenal dari Amerika, itu beberapa kali dipakai Jokowi. Mulai dari jalan santai saat kunjungan kerja ke Selandia Baru dan ketika bertemu Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Adidas NMD R2

Bergaya seperti Jokowi dengan sneaker keren
(Foto: Fabian januarius Kuwado via kompas.com)

Sneaker keluaran Adidas lainnya yang dimiliki Jokowi adalah NMD R2. Sneaker ini beberapa kali dipakai Jokowi. Pertama kali orang melihat ia memakai sneaker ini ketika ia menghadiri acara XYZ Day 2018 di Istana Bogor, Jawa Barat. Ia kembali memakai sneaker berharga Rp1,8 juta itu ketika menikmati libur Lebaran bersama keluarganya di kawasan Bogor. Juga ketika menyambut Lalu Muhammad Zohri, sang juara dunia lari 100 m, beberapa waktu lalu di Istana Bogor.

Nike Roshe One

Bergaya seperti Jokowi dengan sneaker keren
(Foto: Istimewa)

Beberapa kali Jokowi tampil kasual dengan Nike Roshe One. Ia memakainya ketika meresmikan kereta api Bandara Soekarno-Hatta. Ketika itu, ia memadukannya dengan jin hitam dan kaos lengan panjang berwarna merah marun.

Sneaker itu juga dipakainya dalam kesempatan yang lain. Misalnya, dalam ajang Piala Presiden 2018. Saat itu, ia tampil sporty dengan jin biru dan jersey timnas Indonesia.

Saint Barkley

Bergaya seperti Jokowi dengan sneaker keren
(Foto: kompas.com)

Jokowi juga mendukung karya anak bangsa. Dalam ajang Jakarta Sneakers Day 2018, Jokowi membeli sneaker buatan Bandung itu seharga Rp380 ribu. Ia juga memakai Coatbridge Dark Green ketika menghadiri pameran otomotif di Kemayoran, Jakarta Pusat, April lalu. Ketika itu, ia mengenakan celana hitam dan jaket custom Peta Indonesia Nevertoolavish.

 NAH Project

Bergaya seperti Jokowi dengan sneaker keren
(Foto: Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden via kompas.com)

Sneaker merek lokal lain yang dipakainya adalah NAH Project. Alas kaki itu dipakainya ketika menghadiri acara We The Fest 2018 dan jamuan makan malam bersama pimpinan partai koalisi di Istana Bogor, Jawa Barat. Sneaker itu, Yoga FlexKnit v2.0, adalah keluaran baru dari NAH Project. Sneaker berharga Rp415 ribu itu diklaim tidak kalah dengan sneaker keluaran brand ternama dunia.