fbpx
Hiburan

Berapa Jumlah Kekayaan Pangeran Harry?

Jumlah kekayaan Pangeran Harry
Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto: Istimewa)
76views
Waktu baca : 2 menit

Keluarga kerajaan Inggris tercatat sebagai salah satu keluarga terkaya di dunia. Keluarga itu memiliki aset kekayaan berupa real estate seperti Istana Buckingham, koleksi seni yang luas, dan permata mahkota yang terkenal. Dilansir majalah Forbes pada tahun 2016 lalu, keluarga ini memiliki kekayaan sekitar 88 miliar dolar atau setara dengan Rp1.275 triliun.

Yang menjadi pertanyaan adalah berapa jumlah kekayaan Pangeran Harry? Apakah setengah dari total kekayaan keluarga kerajaan? Ataukah kurang dari itu?

Dilansir dari laman Men’s Health, suami dari Meghan Markle itu mewarisi kekayaan setelah pajak dari mendiang ibunya, Putri Diana, sebesar 10 juta dolar atau setara dengan Rp144 milliar. Seperti diketahui, Putri Diana meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1997 silam. Menurut Forbes, kematiannya meninggalkan dana perwalian untuk masing-masing putranya.

Jumlah kekayaan Pangeran Harry
Pangeran Harry ketika masih kecil bersama kakaknya, Pangeran William, dan mendiang ibunya (Foto: popsugar.com)

Ketika berusia 25 tahun, Pangeran William dan Pangeran Harry mulai menerima dividen tahunan sebesar 450.000 dolar atau setara dengan Rp6,5 miliar. Mereka menerimanya dalam jumlah penuh sampai mereka berusia 30 tahun. Mereka juga mewarisi permata koleksi mendiang ibu mereka.

Selain dari ibunya, Pangeran Harry juga mendapat warisan dari ibu suri. Ketika wafat, ibu Ratu Elizabeth II, Elizabeth Bowes-Lyon, meninggalkan kekayaan sebesar 14 juta poundsterling atau setara dengan Rp259 miliar kepada Pangeran Harry dan William. Menurut laman Express, Pangeran Harry menerima sebagian besar uang itu. Pasalnya, Pangeran William akan mewarisi harta Duchy of Cornwall ketika ayah mereka, Pangeran Charles, menjadi raja.

Jumlah kekayaan Pangeran Harry
Istana Buckingham (Foto: Business Insider)

Lalu berapa pendapatan pribadi Pangeran Harry? Majalah Forbes melaporkan bahwa gaji Pangeran Harry dari Army Air Corps berkisar antara 50.000 dolar—53.000 dolar atau setara dengan Rp724 juta—Rp767 juta. Harry menjadi pilot helikopter di Army Air Corps. Pada 2015, ia pensiun setelah 10 tahun berkarier dalam dunia militer.

Jika dihitung secara keseluruhan, kekayaan bersih Pangeran Harry mencapai 40 juta dolar atau setara dengan Rp579 milliar. Ia tak perlu mengeluarkan uang untuk hal-hal yang berhubungan dengan tugas kerajaan seperti melakukan perjalanan dan membeli pakaian. Pada tahun 2017, The Duchy of Cornwall menghabiskan 4,9 juta dolar atau setara dengan Rp71 juta untuk membiayai tugas resmi Pangeran Harry, Meghan, Pangeran William, dan sang istri. Semua biaya tersebut berasal dari pendapatan tahunan The Duchy of Cornwall.