Kecantikan & Kesehatan

Benarkah Diet Rendah Karbohidrat Bisa Memperpendek Umur?

Benarkah diet karbo memperpendek umur?
Makanan yang mengandung karbohidrat (Foto: Thinkstock)
56views

Ada banyak cara yang dipilih perempuan untuk menurunkan berat badan atau menjadi langsing. Mulai dari cara yang instan hingga cara yang membutuhkan proses yang panjang. Mulai dari cara medis, hingga cara tradisional.

Salah satu cara yang dipilih adalah menjalani diet. Dan diet ini pun ada banyak macamnya. Dalam beberapa tahun belakangan ini, diet karbo dipilih banyak perempuan untuk menurunkan berat badan.

Diet karbo atau diet karbohidrat adalah sebuah teknik menurunkan berat badan dengan cara mengurangi asupan karbohidrat atau menghindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Makanan yang mengandung karbihidrat tinggi, antara lain, adalah pasta, roti, beras, sereal, buah, dan sayuran. Sebagai gantinya, makanan yang mengandung protein tinggi dan lemak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Benarkah diet karbo memperpendek umur?
Bahan yang mengandung karbohidrat (Foto: Istimewa)

Yang kemudian menjadi masalah adalah hasil penelitian menunjukkan bahwa pola makan seperti ini justru bisa memperpendek usia. Hasil riset itu, seperti dilaporkan Newsweek, sudah dipublikasikan dalam jurnal The Lancet Public Health.

“Aspek nutrisi antara diet karbohidrat dengan diet lemak sangat sering diperdebatkan di media sosial. Namun demikian, telah ada bukti yang mendukung manfaat kesehatan dari konsumsi karbohidrat yang lebih tinggi,” kata Catherine Collins, ahli diet dari Badan Kesehatan Inggris.

Dalam riset itu, para ilmuwan mempelajari data dari 15 ribu lebih orang di Amerika Serikat. Mereka mencari tahu hubungan antara diet karbo dengan risiko kematian. Dari penelitian itu mereka menemukan bahwa orang yang hidup lebih lama biasanya mengonsumsi 50 persen karbohidrat setiap kali makan.

“Variasi nutrisi yang didapat dari diet kaya karbohidrat tidak bisa sama dengan nutrisi yang didapat dari diet karbohidrat yang dibatasi,” tambah Collins.

Benarkah diet karbo memperpendek umur?
Makanan yang mengandung protein (Foto: turnhealthier.com)

Para peneliti mempelajari para peserta selama 25 tahun. Mereka mempelajari banyak faktor seperti diet, usia, dan tingkat kematian. Dari hasil analisis statistik ditemukan bahwa peserta yang setiap makan mengonsumsi 50—55 persen karbohidrat biasanya hidup lebih lama. Yang mengonsumsi karbohidrat lebih banyak dari 55 persen memiliki harapan hidup satu tahun lebih rendah daripada yang mengonsumsi 50—55 persen karbohidrat.

Bagaimana dengan mereka yang mengonsumsi sedikit karbohidrat atau menjalani diet karbohidrat ekstra rendah? Orang yang mengonsumsi sekitar 30—40 persen karbohidrat memiliki harapan hidup 2-3 tahun lebih rendah. Dan yang mengonsumsi karbohidrat di bawah 30 persen memiliki harapan hidup sekitar 4 tahun lebih rendah.

Jalan keluar yang tepat

Benarkah diet karbo memperpendek umur?
Sayuran (Foto: Pexels)

Apa yang harus dilakukan? Para peneliti menyarankan mereka yang menjalankan diet rendah karbohidrat untuk mengonsumsi sayuran lebih banyak dan bukannya lemak dan protein dari hewan.

“Pada data kami ditemukan bahwa mereka yang melakukan diet karbohidrat rendah berbasis hewani, yang banyak dilakukan di Amerika Utara dan Eropa, diasosiasikan dengan umur harapan hidup yang lebih rendah serta seharusnya dihindari,” kata Sara B. Seidelmann, pemimpin riset.

Hasil analisis juga menjunjukkan bahwa mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat, tapi intens mengonsumsi sayuran memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

“Jadi, jika seseorang memilih untuk melakukan diet rendah karbohidrat, mengganti karbohidrat dengan lemak serta protein dari tumbuhan mungkin bermanfaat bagi masa hidup yang lebih panjang,” tambahnya.