Berita

Beginilah Mewahnya Sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin

Mewahnya sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin
Setya Novanto (Foto: Istimewa)
90views
Waktu baca : 3 menit

Kamis (13/9) malam lalu, Ombudsman RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Sidak itu dipimpin oleh Ninik Rahayu, salah satu anggota Ombudsman. Bersama dengan Ninik ada kepala perwakilan dan 11 orang asisten dari Ombudsman.

Dalam sidak ini, mereka mendapati kamar mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto, berukuran lebih besar daripada kamar narapidana lainnya. Saat disidak, Novanto sedang berbincang-bincang dengan M. Nazaruddin, mantan bendahara Partai Demokrat.

 “Ada kamar yang lebih luas. Itu dihuni oleh Pak Setya Novanto. Memang lebih luas. Kalau ditanya ukuran, bingung. Pokoknya, dua kali lipat,” kata Ninik di kantor Kemenkum HAM Kanwil Jawa Barat, Jalan Jakarta, Bandung, Jumat (14/9) lalu, seperti dilansir detikcom.

Mewahnya sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin
Sel Setya Novanto (Foto: Dok. Ombudsman)

Tidak hanya lebih besar, kamar itu pun lebih mewah daripada kamar narapidana lainnya. Ada kasur, selimut, meja, kursi, rak buku, exhaust fan, dan kloset duduk.

“Fasilitas televisi enggak ada. Hanya ukuran kamar saja. Kalau klosetnya, yang duduk, dong,” sambung Ninik.

Apa yang dikatakan Ombudsman ini dibantah oleh Novanto sendiri. Narapidana kasus korupsi e-KTP ini mengatakan bahwa ukuran selnya sama dengan ukuran sel tahanan lainnya.

“Enggak ada itu. Biasa. Itu bukan besar. Itu, kan, bekas lapas. Enggak ada, kok, yang besar. Sama sajalah. Semua sama. Standardisasi sama,” katanya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (14/9) lalu.

Mewahnya sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin
Ada meja kerja dalam sel Setya Novanto (Foto: Dok. Ombudsman)

Menjawabi bantahan Novanto, Ombudsman lalu merilis beberapa foto yang memperlihatkan sel Novanto dan sel tahanan lain.

“Saya mau menunjukkan. Kalau kemarin kan Pak Setnov ngomongnya kamarnya kecil. Biasa saja. Jadi, saya tunjukkan, tuh, gambarnya. Emang beda dengan kamar lainnya. Lihat gambar saja,” jelasnya.

Dari beberapa foto itu memang terlihat jelas perbedaan sel Novanto dengan tahanan lainnya. Sel Novanto memang lebih besar. Isinya pun lebih mewah daripada sel napi lainnya. Di dalam sel Novanto ada kasur, selimut, meja, kursi, rak buku, exhaust fan, dan kloset duduk.

Mewahnya sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin
Sel tahanan lain (Foto: Dok. Ombudsman)

Lalu bagaimana dengan sel tahanan lain? Sel itu berukuran sekitar 2×1,5 m. Jika sel Novanto tampak bersih, sel yang lain tampak kusam. Di situ ada satu kasur busa yang lusuh yang diletakkan persis di depan kloset jongkok. Lubang kloset ditutupi dengan selembar papan. Di atas kloset itu tergantung celana dan sajadah. Sementara di bawah kolong tempat tidur terdapat sejumlah barang yang berserak.

Di sel lainnya, tampak hanya ada dipan kayu. Tidak ada busa di atasnya. Dan terlihat lebih lusuh.

Hasil sidak Ombudsman itu membuat KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menuntut Ditjen Pas Kemenkum HAM untuk melakukan perbaikan.

“Semestinya, kalau pihak Kemenkum HAM, khususnya Ditjen Pas, benar-benar punya komitmen untuk melakukan perbaikan di lapas, khususnya di Sukamiskin, hal itu tidak perlu terjadi lagi,” kata Febri Diansyah, Kabiro Humas KPJ, di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (14/9) lalu.

Mewahnya sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin
Febri Diansyah (Foto: detikcom)

Perbedaan sel Novanto dan tahanan lain menunjukkan bahwa masih terjadi diskriminasi di lapas Sukamiskin.

“Di Sukamiskin, ada diskriminasi dalam kamar hunian karena masih ada perbedaan satu kamar hunian dengan yang lain. Ada yang lebih kecil dibandingkan dengan hunian untuk tertentu, mulai dari luas,” ungkapnya.